3 Masalah Kesehatan Muncul Jika Kurang Minum

kurang minum
Ilustrasi. (Tempo/Selebgram.net)

Selebgram.net – Jika orang dewasa kurang minum, ada tiga masalah kesehatan yang patut diwaspadai. Berdasarkan studi yang dilakukan National Institute of Health (NIH), salah satu dampak yang mungkin terjadi akibat kurangnya hidrasi adalah penuaan dini. Dua dampak lainnya adalah peningkatan risiko penyakit kronis dan risiko kematian dini.

Studi ini dilakukan selama 25 tahun dengan melibatkan lebih dari 11 ribu orang dewasa di Amerika Serikat.

Para partisipan melakukan pemeriksaan medis pertama dalam studi ini ketika mereka berusia 45-66 tahun dan dilakukan saat partisipan berusia 70-90 tahun.

Tim peneliti menjadikan kadar sodium di dalam darah para partisipan sebagai cerminan hidrasi para partisipan.

Baca Juga  Ramalan Zodiak 8 November: Scorpio Lepaskanlah Dendam Lama

Alasannya, kadar sodium di dalam tubuh cenderung semakin tinggi bila tubuh tak mendapatkan cairan yang cukup.

Dari studi ini, tim peneliti menemukan bahwa partisipan dengan kadar sodium darah yang lebih tinggi memiliki peluang 50 persen lebih tinggi untuk mengalami penuaan fisiologis yang lebih cepat.

Penuaan dini ini tercermin dari nilai tekanan darah, kolesterol, serta gula darah yang lebih tinggi. Partisipan dengan kadar sodium darah yang lebih tinggi juga memiliki peningkatan risiko kematian dini sekitar 20 persen.

Yang cukup menarik perhatian, partisipan dengan kadar sodium darah di atas 142 millimoles per liter juga mengalami peningkatan risiko, terhadap beberapa penyakit kronis seperti gagal jantung, demensia, strok, diabetes, dan penyakit paru kronis.

Baca Juga  NCT Dream The Movie : In A Dream Akan Tayang di CGV Indonesia

“Risiko terhadap penyakit-penyakit ini meningkat seiring dengan terjadinya penuaan dan akumulasi kerusakan di berbagai jaringan tubuh,” jelas peneliti dari National Heart, Lung, and Blood Institute di NIH, Natalia Dmitrieva seperti dikutip dari NBC, Kamis, 19 Januari 2023.

Studi terdahulu yang dilakukan oleh Dmitrieva juga menemukan hal serupa. Studi tersebut menunjukkan, bahwa kadar sodium darah yang lebih tinggi dapat menjadi faktor risiko gagal jantung.

“(Berdasarkan temuan berbagai studi) menjadikan hidrasi yang baik sebagai pilihan gaya hidup yang sehat dapat semakin memperlambat proses penuaan,” tuturnya.

Meski studi terbaru ini mengindikasikan adanya hubungan antara hidrasi yang buruk dengan risiko penyakit kronis, belum ada bukti ilmiah yang membuktikan hubungan sebab-akibat di antara keduanya.

Baca Juga  Salfok, Netizen Soroti Cincin Kawin Amanda Manopo, Emang Udah Nikah?

Artinya, menjaga hidrasi yang baik dengan memperbanyak minum air putih belum tentu akan mencegah atau menurunkan risiko penyakit kronis.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *