4 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Wajah

serum vitamin C
Ilustrasi. (Grid.id/Selebgram.net)

Selebgram.net – Menggunakan serum vitamin C merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh kulit wajah yang cerah merona. Tidak hanya mencerahkan, serum ini  juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan kulit wajah cerah dan terawat, membersihkan muka secara rutin dan mengoleskan pelembap saja tidaklah cukup. Dibutuhkan juga produk perawatan kulit yang tepat.

Memiliki tekstur encer, ringan, dan cepat diserap kulit. Mengoleskan vitamin C ke kulit dapat memberikan manfaat langsung pada kulit, dibandingkan hanya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Dikutip dari Alodokter, berikut berapa fungsi serum vitamin C untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah :

1. Merangsang produksi kolagen

Baca Juga  Tyo Nugros Trending di Twitter, Wajah Mudanya Bikin Meleleh

Kulit membutuhkan kolagen agar tetap kencang dan elastis. Di dalam tubuh, kolagen terbentuk dari kombinasi 2 asam amino, yaitu glycin dan prolin, serta bantuan dari vitamin C.

Vitamin C yang dioleskan ke kulit mampu merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap kencang dan mulus. Dampaknya, garis-garis halus tersamarkan dan kulit terlihat awet muda.

2. Mencerahkan kulit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C mampu menghambat pembentukan melanin. Ini merupakan pigmen yang memberi warna gelap pada kulit, rambut, dan mata. Orang dengan warna kulit gelap memiliki jumlah melanin lebih banyak pada kulitnya.

Melanin sebenarnya berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Namun, peningkatan produksi melanin di kulit wajah justru dapat menyebabkan hiperpigmentasi berupa bintik-bintik hitam dan warna kulit tidak merata.

Baca Juga  Kenali 4 Dampak Buruk Body Shaming bagi Korbannya

Pakai serum dapat membantu memudarkan bintik hitam pada kulit wajah, sehingga wajah tampak lebih cerah.

3. Melindungi kulit dari sinar UV

Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan. Efek antioksidan dari vitamin C ini terbukti mampu melindungi kulit dan mencegahnya dari kerusakan akibat bahaya sinar UV.

4. Melembapkan dan mengatasi kulit kering

Vitamin C bekerja dengan cara menahan kelembapan, sehingga kulit tidak mudah kering. Penggunaan serum ini juga diketahui dapat mengatasi kulit kasar dan kering apabila digunakan dengan pelembap kulit secara rutin.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *