Bisa Atasi Perut Buncit, Coba 5 Makanan Ini

Ilustrasi berat badan. (Shutterstock/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Perut buncit kerap membuat tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Perut buncit juga bisa mengakibatkan penyakit serius seperti diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi. Dilansir YourSay.id  dari my.clevelandclinic, para praktisi kesehatan mendiagnosa perut buncit dapat disebabkan oleh “lima f” yaitu, fases (kotoran), flatus (gas), fetus (janin), fat (lemak), dan fluid (cairan). Nah berikut ada makanan yang mengenyangkan tetapi bisa mengecilkan perut buncit, apa saja?

Kentang rebus

Kandungan utama kentang adalah karbohidrat sehingga kentang sering digunakan untuk mengganti nasi. Dilansir dari Healthline, kandungan karbohidrat dan air yang tinggi serta serat dan protein sedang membuat kentang sebagai salah satu makanan yang sangat mengenyangkan dibanding nasi.

Baca Juga  7 Tips Ampuh Bikin Kulit Wajah Glowing, Yuk Coba!

Jika mengonsumsi kentang lebih mudah merasa kenyang maka kamu tidak akan makan banyak. Nah, ayo, beralih mengonsumsi kentang mulai saat ini agak perutmu kecil. Namun, perlu diingat, dikutip dari sumber yang sama Healthline, saat akan mengonsumsi  kentang rebus biarkan menjadi dingin lebih dulu agar terbentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk penurunan berat badan.

Telur rebus

Telur juga termasuk dalam makanan yang mengenyangkan yang bisa meratakan perut buncit. Karena dalam sebutir telur ayam mengandung 70 kilokalori energi, protein, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Mengutip Science Alert, telur dapat menekan rasa lapar dan lebih ampuh dibanding gandum atau sereal. Sebab energi dan lemak yang terkandung dalam telur membuat perut mudah merasa kenyang. Jadi kamu dapat mengonsumsi telur saat sarapan. Namun, perlu diingat konsumsi telur yang direbus jangan digoreng, ya.

Baca Juga  Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini, 30 Oktober 2022

Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous terdiri dari, brokoli, selada, kembang kol, dan kol. Tahukah kamu sayuran ini mengandung serat tinggi. Dilansir dari Healthline, sayuran cruciferous selain mengandung serat juga protein yang tinggi. Perpaduan keduanya akan memberi rasa kenyang saat dikonsumsi menjadi sayur atau lalapan.

Ikan

Disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon atau tuna. Sebab ikan ini mengandung omega-3 dan protein kualitas tinggi yang dapat meningkatkan rasa kenyang. Mengonsumsi ikan satu atau dua kali dalam seminggu bisa menjadi salah satu cara untuk mengecilkan perut yang membuncit.

Dark chocolate

Ada pendapat jika mengonsumsi cokelat membuat badan gemuk. Namun, jika kamu mengonsumsi dark chocolate hal tersebut tidak akan terjadi. Konsumsi jenis dark chocolate yang mengandung 65 persen kandungan kakaonya.

Baca Juga  Gak Hanya Urus Negara, 7 Presiden Indonesia Juga Punya Makanan Favorit

Melansir Livehealthy.chron, manfaat dari dark chocolate yaitu,  menurunkan berat badan, menstabilkan gula darah, mengendalikan napsu makan, dan mengurangi keinginan ngemil.

Kandungan lemak jenuh tunggal dark chocolate dapat mengendalikan metabolisme tubuh lebih cepat. Namun, kamu jangan mengonsumsi secara berlebihan.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *