5 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kayu Manis
Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan. (okezone/Bogordaily.net)

Selebgram.net – Kayu manis merupakan rempah yang dibuat dari kulit bagian dalam pohon yang secara ilmiah dikenal dengan nama Cinnamomum. Selain sebagai rempah dan bahan industri, konsumsi kayu manis memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Penelitian menunjukkan kandungan kayu manis dapat mengatasi infeksi jamur, menurunkan kadar gula darah, dan meredakan peradangan.

Para ilmuwan percaya bahwa cinnamaldehyde adalah senyawa yang bertanggungjawab atas manfaat kesehatan dari kayu manis.

Kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengatasi gangguan kesehatan ringan hingga mencegah penyakit kronis.

Berikut manfaat air rebusan kayu manis untuk kesehatan.

1. Melawan infeksi bakteri dan jamur

Cinnamaldehyde mampu membantu melawan berbagai jenis bakteri. Selain itu, minyak kayu manis juga terbukti efektif untuk mengatasi infeksi akibat jamur.

Baca Juga  Sering Disepelekan, Kenali Bahaya Mencabut Uban

Efek antimikroba yang dimiliki kayu manis dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

2. Melindungi dari penyakit kanker

Kayu manis telah banyak dipelajari untuk potensi penggunaannya dalam mencegah dan mengobati penyakit kanker.

Dengan meminum air rebusan kayu manis secara rutin. Dengan meminumnya, secara tidak langsung kita sudah membantu tubuh kita memerangi radikal bebas seperti kanker.

3. Peradangan

Ketika salah satu bagian tubuh kamu mengalami peradangan, rasanya memang tidak enak. Namun begitulah cara tubuh untuk melawan infeksi yang merusak jaringan tubuhmu.

Sayangnya, untuk beberapa infeksi, tubuh kadang membutuhkan waktu lama untuk melawannya. Kamu bisa membantu tubuhmu sendiri dengan mengkonsumsi kayu manis, entah itu mencampurnya dengan minuman atau makanan tertentu.

Baca Juga  Mengenal Lebih Jauh Arti Hari Lahir Menurut Primbon Jawa

4. Meredakan Rasa Sakit Saat Menstruasi

Untuk para perempuan, rasa nyeri saat menstruasi adalah makanan sehari-hari. Meski rasanya mules, dan bikin emosi kita naik turun, namun kita tidak memiliki pilihan lain selain menerimanya.

Saat ini sudah banyak obat maupun minuman untuk meredakannya. Tapi kalau kamu maunya yang alami, kayu manis bisa jadi solusinya. Pasalnya, mengkonsumsi air rebusan kayu manis selama menstruasi dapat membantu meredakan rasa nyeri dan mulas yang muncul.

5. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Studi pada hewan menunjukkan manfaat kayu manis untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Berdasarkan jurnal PLOS One, ekstrak kulit kayu manis mengandung senyawa yang disebut CEppt. Ini memiliki sifat yang dapat mencegah gejala Alzheimer berkembang.

Baca Juga  Diperiksa Kasus Net89, Atta Halilintar Tepis Kenal Reza Paten

Tikus percobaan yang diberi ekstrak kayu manis menunjukkan penurunan gejala Alzheimer. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasi manfaat ini.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *