5 Manfaat Konsumsi Kulit Mangga, Tingkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat Kulit Mangga
Kulit Mangga. (SehatQ/Selebgram.net)

Selebgram.net – Kulit mangga ternyata memiliki beberapa manfaat kesehatan karena mengandung banyak nutrisi dan fitokimia. Selain itu, kulit mangga mengandung antioksidan seperti mangiferin, norathyriol, dan resveratrol.

Kulit mangga merupakan sumber yang kaya serat makanan, vitamin, dan mineral, termasuk fitokimia seperti polifenol, tanin, dan karotenoid. Namun, pastikan Anda mencuci kulitnya dengan air hangat dan garam sebelum dikonsumsi.

Seperti dilansir dari laman Health Guide,  berikut manfaat kesehatan dari kulit mangga bagi kesehatan :

1. Efek Penurun Kolesterol

Pektin yang ditemukan dalam kulit mangga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Disebutkan bahwa mengonsumsi 100 gram kulit mangga mentah setiap hari selama enam minggu menghasilkan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah sekaligus meningkatkan kolesterol HDL.

Baca Juga  Sinopsis Anime Lookism, Pria Hidup dengan Dua Tubuh

Mengonsumsi kulit mangga mentah dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, sebuah studi tahun 2021 menemukan bahwa kulit mangga efektif dalam menurunkan kadar kolesterol LDL, trigliserida, urea, dan kreatinin, sementara kadar lipoprotein densitas tinggi (HDL) meningkat.

2. Efek Perlindungan dari Penyakit Kanker dan Jantung

Kulit mangga mengandung fitokimia seperti polifenol dan tanin yang membantu melawan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Fitokimia adalah senyawa kimia yang ditemukan pada tanaman yang mungkin memiliki efek perlindungan terhadap penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, atau diabetes.

Fitokimia dalam kulit mangga juga dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat dan mencegah kerusakan kulit akibat penuaan.

Baca Juga  Asik! Film "Lyle, Lyle, Crocodile" Tayang Pekan Depan

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kulit mangga rendah kalori tetapi tinggi serat makanan, yang dapat membantu Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, sehingga mengekang nafsu makan Anda.

Kandungan serat yang tinggi juga membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga membantu melawan kanker usus besar dan masalah pencernaan lainnya.

4. Membantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Tanin dalam kulit mangga bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan melawan infeksi yang disebabkan karena alergi atau infeksi lainnya.

Selain itu, mereka juga membantu membersihkan tubuh dengan membuang racun dari dalamnya, sehingga meningkatkan fungsinya.

5. Sifat Antioksidan

Baca Juga  Nyusul Jin, RM BTS Siap Berangkat Wamil

Kulit mangga kaya akan polifenol, antioksidan alami yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Penelitian yang diterbitkan dalam Reserachgate.net menemukan bahwa ekstrak kulit mangga memiliki sifat antioksidan yang kuat karena konsentrasi polifenolnya yang tinggi, yang membantu melawan stres oksidatif yang menyebabkan penyakit diabetes.

Selain itu, terdapat antioksidan seperti mangiferin, norathyriol, dan resveratrol hadir dalam kulit mangga. Kulit mangga juga mengandung senyawa tanaman, seperti triterpen dan triterpenoid, yang membantu mencegah kanker dan diabetes.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *