5 Manfaat Toge, Selain Meningkatkan Kesuburan

toge
Toge. (Villagerspots/Selebgram.net)

Selebgram.net – Toge atau taoge merupakan kecambah yang tergolong kedalam sayuran, berasal dari biji kacang hijau atau kacang kedelai.

Meskipun toge memiliki ukuran kecil dan harganya yang tergolong murah, ternyata didalamnya mengandung banyak nutrisi baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, juga Berbagai jenis vitamin dan mineral, serta beragam antioksidan, seperti beta karoten, polifenol, dan asam fenolat.

Berikut alodokter dan hallosehat, telah merangkum beberapa manfaat taoge bagi kesehatan tubuh :

1. Meringankan sistem kerja pencernaan

Kandungan air, serat dan enzim yang sangat tinggi dalam toge, ternyata dapat membantu meningkatkan berbagai proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, khususnya bagi sistem kerja pencernaan.

Baca Juga  Waspada, Jangan Menahan Buang Air Kecil Jika Tidak Ingin Terkena Ini

Dimana kandungan serat dapat membantu mengangkat kotoran dalam perut, sehingga lebih mudah untuk proses pencernaan.

Kemudian juga serat makanan dapat merangsang asam lambung untuk membantu enzim sebagai bagian penting dari proses pencernaan untuk mencerna makanan secara efektif dan efisien. Sehingga dapat mencegah dan mengatasi masalah sembelit.

2. Mengontrol tingkat gula darah

Sebuah penelitian mengungkapkan, toge ternyata juga mengandung antioksidan dan nutrisi yang baik untuk mencegah peningkatan kadar gula darah. Juga mampu mengatur aktivitas enzim amilase, yakni enzim yang dapat digunakan tubuh untuk memecah dan mencerna gula.

Serta kandungan sedikit kalori dan karbohidrat dalam toge yang memiliki nilai indeks glikemik rendah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga  Sudah Mantap, Walters Siap Cerai dengan Reza Arap

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat selanjutnya dapat dirasakan sebab kandungan asam lemak omega-3 nya, yang secara teknis hal ini merupakan bentuk kolesterol baik yang dapat melawan dan mengurangi jumlah kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah dan arteri.

4. Mengontrol berat badan

Manfaat sayur ini ternyata tidak hanya untuk kesehatan saja, namun juga dapat membantu mengontrol berat badan agar tetap ideal.

Memiliki jumlah kalori yang rendah, sayur ini tetapi padat akan nutrisi dan serat. Sehingga mampu membantu menghambat pelepasan hormon ghrelin, yakni hormon lapar yang memberikan tanda pada pikiran untuk makan sesuatu. Sehingga toge dapat membantu merasakan kenyang lebih lama.

5. Meningkatkan kesuburan

Baca Juga  6 Manfaat Akupuntur, Atasi Sakit Kepala hingga Atasi Obesitas

Sayuran ini sangat bagus untuk membantu meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Khususnya vitamin E-alfa dalam toge dapat membantu kesuburan pria, dimana vitamin e yang merupakan antioksidan dapat menjaga sel-sel telur atau mungkin sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Juga jika sering mengonsumsi kecambah sebelum datang bulan, dapat membantu wanita menghindari masalah yang sering terjadi saat menstruasi.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *