Waspada Penyakit! 5 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan  

ilustrasi hujan. (Pixabay.com/Pexels/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Musim penghujan telah tiba. Di tengah aktivitas dan cuaca yang tidak menentu, fisik harus tetap terjaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Biasanya flu, demam, batuk adalah penyakit yang paling umum terjadi ketika sedang pergantian musim. Berikut tips agar kesehatan tetap terjaga di tengah musim penghujan sebagaimana dilansir Your Say Suara.com dari situs dinkes.mojokerto:

Menjaga pola makan

Makan teratur dan jangan melewatkan sarapan adalah hal penting yang harus diingat. Selain itu konsumsi probiotik yang terkandung pada tahu, tempe, dan yogurt agar bisa terhindar dari flu dan diare. Lalu lengkapi dengan mengonsumsi vitamin C agar imun lebih terjaga.

Perbanyak minum air putih

Baca Juga  Bisa Terjadi Saat Olahraga, Ini Tips Mencegah Henti Jantung 

Musim hujan membuat orang malas mengonsumsi air putih karena udara dingin yang membuat seseorang tidak terlalu merasa haus. Padahal konsumsi air putih tetap dibutuhkan tubuh apapun musimnya.

Menjaga kebersihan diri

Mudahnya bakteri berkembang di udara yang lembab menjadikan kondisi lebih rentan terhadap penyakit. Karena itu kebersihan harus selalu diperhatikan agar tetap terjaga dari kuman dan bakteri. Cuci tangan sebelum makan, sehabis memegang benda kotor atau sehabis keluar toilet.

Menjaga kebersihan lingkungan

Saat musim hujan, nyamuk akan dengan mudah mendapatkan tempat berkembang biak di genangan air hujan. Karena itu waspadalah pada wadah-wadah tak terpakai yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Kuburlah barang-barang yang tidak terpakai sebagai antisipasi menghindari penyakit demam berdarah akibat nyamuk.

Baca Juga  Sebagai Perawatan Kulit, Berikut Manfaat Timun Untuk Mata

Memakai baju tebal

Jika memang cuaca sedang benar-benar tidak bersahabat, cobalah menggunakan pakaian yang tebal, sehingga jika turun hujan, suhu tubuh bisa lebih hangat dengan pakaian yang tepat. Sediakan juga sweater atau jaket agar lebih bisa melindungi tubuh dari cuaca dingin.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *