6 Macam Diet yang Hits di 2022, Kamu Tim Mana?

diet hits di 2022
Diet yang Hits di 2022. (kompas/Selebgram.net)

Selebgram.net – Selama di 2022, banyak jenis diet yang dilakukan oleh setiap orang baik secara individu maupun dalam suatu komunitas dengan berbagai tujuan. Salah satu jenis diet yang hits di 2022 yakni diet Keto.

Diet adalah pola makan yang mengatur jenis makanan, porsi dan waktu makan. Semakin teratur pola makan yang dijalani maka semakin banyak manfaat yang dirasakan.

Salah satu tujuan yang paling umum adalah untuk  menurunkan berat badan.

Berikut  akan membahas tentang enam (6) jenis diet yang hits di tahun 2022

1. Diet Keto

Diet keto atau ketogenic mengacu pada pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak serta protein. Diet ini akan menggiring tubuh menuju keadaan ‘ketosis’, di mana energi yang terbakar berasal dari lemak dan bukan gula. Dengan demikian berat badan jadi turun dengan cepat.

Baca Juga  4 Minuman Penambah Energi Penangkal Rasa Lelah

Saat diet ketogenic, 60 sampai 75 persen asupan kalori berasal dari lemak dan 15 hingga 30 kalori datang dari protein. Sisanya yakni 5 hingga 10 persen berasal dari karbohidrat.

Sumber protein biasanya didapat dari daging hewani, telur, atau jantung hewani. Sementara lemak didapatkan dari konsumsi minyak zaitun, minyak sayur, alpukat, santan dan minyak canola.

Untuk jangka panjang, diet ketogenic tidak direkomendasikan. Sebab pola makan ini sangat membatasi asupan yang seharusnya dibutuhkan tubuh.

2. Diet DASH

DASH merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Awal dari diciptakannya diet DASH sebenarnya bertujuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Diet DASH menekankan pada konsumsi makanan lengkap yang kaya nutrisi, namun disarankan lebih banyak buah dan sayur. Diet ini juga mengharuskan konsumsi kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, ayam, gandum utuh serta lemak sehat.

Baca Juga  Gaya Hidup Dapat Cegah Penyakit Kanker, Benarkah?

Diet DASH membolehkan konsumsi susu namun hanya yang rendah lemak atau bebas lemak.

3. Diet Vegan

Diet vegan merupakan pola makan yang menghindari konsumsi bahan berasal dari hewan dan produk-produk olahannya. Para vegetarian atau vegan mendapatkan asupan nutrisinya produk-produk berbahan nabati.

Diet vegan awalnya diterapkan oleh orang-orang dengan kepercayaan tertentu. Kemudian berkembang dan mulai banyak orang melihat dari sisi kesehatannya. Ada pula yang memutuskan menjadi seorang vegan atau vegetarian karena alasan etik atau untuk melindungi hak-hak binatang sehingga mereka tidak makan daging.

4. Diet Mediterania

Diet mediterania masih jadi salah satu diet paling dicari di 2022. Diet ini terinspirasi dari gaya hidup orang-orang yang hidup di cekungan mediterania seperti Italia, Yunani dan Spanyol.

Diet mediterania bukan sekedar diet biasa yang mampu menurunkan berat badan saja. Diet ini dapat menghindari orang terkena berbagai macam penyakit seperti stroke, gangguan jantung hingga paru-paru seperti asma.

Baca Juga  Kenali 5 Dampak Bahaya Mengonsumsi Soda Diet Berlebihan

Berdasarkan penelitian, diet ini hanya menurunkan sekitar 2,2 kg berat badan jika dijalani secara rutin selama 60 hari.

5. Diet Flexitarian

Diet Flexitarian merupakan salah satu bagian dari vegetarian. Diet ini mengutamakan konsumsi sayuran dan gandum utuh serta masih memperbolehkan untuk mengonsumsi daging dan susu. Mengonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian yang memiliki kandungan serat tinggi telah terbukti dapat menjaga kesehatan jantung, membantu mengurangi kolesterol dan menstabilkan tekanan darah.

Selain itu pada diet flexitarian ini, jenis makanan olahan dibatasi asupannya agar dapat membantu menurunkan berat badan. Meskipun pada dasarnya penurunan berat badan bukan merupakan tujuan utama dari diet flexitarian ini.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *