6 Manfaat Jahe Merah, Cegah Masalah Kulit hingga Gangguan Jantung

manfaat jahe merah
Sederet Manfaat Jahe Merah. (terakurat/Selebram.net)

Selebgram.net – Sejumlah manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh pun sangat beragam. Salah satunya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Jahe merah atau yang dikenal juga sebagai Guduchi memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit.

Selain itu, jahe merah juga digunakan untuk berbagai kondisi kesehatan lainnya. Melansir Suara.com dari berbagai sumber, berikut manfaat jahe merah:

1. Melancarkan pencernaan

Merebus secangkir jahe dan menambahkan sedikit garam untuk membuat pasta. Mencampur pasta ini dengan air hangat sebelum makan dapat membantu meningkatkan pencernaan.

2. Masalah kulit

Ramuan ajaib ini adalah salah satu ramuan yang paling banyak digunakan dan dipelajari secara ekstensif. Jahe merah juga dikenal untuk mengobati beberapa gangguan kulit termasuk psoriasis, jerawat, eksim dan ruam. Hal ini juga digunakan untuk mengobati pilek, flu dan infeksi lainnya.

Baca Juga  Tuding Anak Sambo Ribut di Kelab, Jefri Nichol Minta Maaf

3. Sebagai antioksidan

Warna merah pada batang jahe digunakan untuk menunjukkan nilai obatnya. Memiliki lebih dari 300 senyawa kimia dan kaya akan antioksidan dan anti inflamasi, jahe dianggap sebagai penangkal radikal bebas yang kuat, yang dapat membantu mencegah kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

4. Menghambat pembekuan darah

Penelitian juga mengungkapkan jahe merah dapat menghambat pembentukan bekuan darah baru. Selain itu juga meningkatkan sintesis jumlah sel darah merah. Hal ini karena mengandung senyawa flavonoid, asam ganoderat, yang merupakan antioksidan. Oleh karena itu, jahe merah berguna dalam melawan penumpukan plak di arteri dan mencegah pembentukan gumpalan di dalam tubuh.

5. Mengatasi mual

Baca Juga  Paksa Main Belakang, Denise Chariesta Bongkar Fetish RD

Jahe merah juga membantu dalam mengobati mual dan mabuk perjalanan. Dapat meredakan sakit kepala, insomnia, kecemasan, gugup dan peradangan. Ini juga dapat meningkatkan aliran darah di otak dan memiliki efek relaksasi pada perut dan anggota badan.

Selain itu, jahe merah juga dapat meringankan diare, yang disebabkan oleh makan yang tidak tepat atau diare yang disebabkan oleh cacing. Ini juga bisa meredakan sembelit.

6. Menjaga kesuburan
Konsumsi jahe merah dapat membantu untuk menjaga kesuburan karena kandungan arginin di dalamnya. Arginin membantu tubuh memproduksi nitrat oksida yang meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan ovarium.

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa arginin dapat meningkatkan kesuburan dan kualitas sel telur (ovum) dengan meningkatkan sirkulasi sehingga tubuh mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk pematangan sel telur.(*)

Baca Juga  Promotor Konser "We All Are One" Jai Hyun Park Ditangkap Imigrasi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *