6 Manfaat Makan Cokelat Bagi Tubuh

makan Cokelat
Cokelat. (Parrot Cokelat/Selebgram.net)

Selebgram.net – Siapa sangat ternyata makan cokelat memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh. Sebab, kandungan utama cokelat ialah kokoa yang mempunyai zat flavanol.

Untuk diketahui, zat flavanol dalam cokelat mengandung antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan sel.

Bahkan, masih terdapat sejumlah manfaat kesehatan lainnya dari mengonsumsi cokelat. Berikut daftarnya dikutip dari Halodoc :

1. Mengandung Mikronutrien

Cokelat memiliki kandungan delapan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, cokelat pu memiliki beragam vitamin. Seperti, vitamin A, B1, B2, E, dan mineral, magnesium, zat besi, kalium, serta fosfor.

2. Punya Efek Stimulan

Tanaman penghasil cokelat, Kakao, mempunyai sejumlah komponen dengan efek stimulan bagi tubuh. Salah satunya ialah kafein atau stimulan fisik, dan pencernaan.

Baca Juga  4 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, salah satu jenis cokelat yaitu`dark chocolate atau cokelat hitam diketahui punya manfaat dalam meningkatkan fungsi otak.

Hal ini diketahui dari studi yang dipublikasikan Journals of Cardiovascular Pharmacology pada 2006 lalu. Penelitian itu menjelaskan, memakan kakao dengan flavanol tinggi dalam lima hari bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Memperbaiki Mood

Cokelat diyakini dapat memperbaiki mood atau suasana hati sebab mengandung komponen feniletamin. Sejumlah kandungan cokelat pun disebut mempunyai efek antidepresan.

Bahkan, kandungan magnesium pada cokelat pun mempunyai peran penting dalam menjaga keseimbangan mood supaya tetap stabil.

4. Cokelat Mengandung Antioksidan

Kandungan antioksidan pun ada pada cokelat. Antioksidan diyakini mempunyai peran penting dalam melindungi sistem kardiovaskular tubuh serta mencegah kanker.

Baca Juga  Kenali 3 Zodiak yang Memilih untuk Menunda Pernikahan

5. Menangani Stres

Memakan cokelat jenis dark chocolate atau cokelat hitam disebut bisa menangani stres. Hal ini menurut sejumlah studi yang menjelaskan, ketika seseorang makan cokelat hitam, tersapat penurunan kadar hormon stres kortisol.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *