7 Bahan Pengganti Lemon, Dijamin Tetap Sama Rasanya

Pengganti Lemon
Bahan Pengganti Lemon. (alodoktor/Selebgram.net)

Selebgram.net – Dalam memasak dan baking, sebagai penambah cita rasa seringkali digunakan air perasan buah lemon. Namun, ada bahan lain pengganti lemon yang sama-sama memiliki cita rasa yang enak.

Manfaatnya adalah sebagai sentuhan segar, juga untuk mempertegas rasa gurih atau manis di dalam hidangan. Namun bagaimana bila di dapur tak tersedia buah lemon, atau ada yang alergi dengan buah lemon di keluarga Anda?

Ini dia, 7 bahan pengganti air perasan lemon yang bisa Anda gunakan:

1. Air perasan limau atau jeruk nipis

Meski sekilas keduanya seperti memiliki cita rasa yang sama, sebenarnya air buah jeruk nipis memiliki keasaman yang agak berbeda. Rasa asam yang diberikan cenderung lebih tajam, aromanya pun berbeda. Bila di dapur Anda sedang tak tersedia lemon, Anda bisa gunakan jeruk nipis sebagai penggantinya.

Baca Juga  Jarang Diketahui, Ini Perbedaan Parfum EDP, EDT, dan Cologne

2. Air jeruk

Bila rasa buah lemon terasa terlalu tajam untuk selera Anda dan keluarga, Anda juga bisa menggantinya dengan air jeruk, lho… cita rasanya tidak terlalu asam dan lebih manis.

3. Cuka

Saat air lemon tidak tersedia, Anda juga bisa menggantinya dengan cuka, meski aroma yang diberikan menjadi sedikit berbeda. Meski demikian, cita rasa asam yang diberikan oleh cuka pun tetap dapat membangkitkan selera. Namun ingatlah, karena cuka beraroma sangat tajam, perhatikan takaran yang Anda gunakan agar rasa hidangan Anda tetap pas di lidah.

4. Cream of tartar

Saat membuat meringue atau krim putih telur, ada kalanya di dalam resep ditemukan bahan yang disebut “cream of tartar” ini. Berbentuk bubuk, mudah ditemukan di toko-toko bahan kue dalam kemasan botol maupun kaleng. Gunanya adalah menstabilkan krim kocok agar tetap kaku dan tidak mengempis.

Baca Juga  Hanya Bermodalkan Telur, Kulit Wajah Menjadi Kencang

Karena sifatnya yang asam, cream of tartar sering digunakan juga sebagai pengganti air jeruk lemon. Takarannya adalah untuk setiap sendok teh air jeruk lemon, gantikan dengan ½ sendok teh cream of tartar, yang dilarutkan dalam air.

5. Asam sitrat (citric acid)

Di pasaran Anda bisa temukan bubuk asam sitrat; biasanya dikemas dalam botol plastik maupun sachet. Saat Anda tak memiliki buah lemon, Anda bisa gunakan bubuk asam sitrat ini di dalam hidangan Anda, terutama di dalam kue dan cake. Penggunaan bubuk asam sitrat ini disebut-sebut dapat mencegah penguapan vitamin dan anti oksidan tertentu yang mudah rusak karena panas.

Sebagai takaran, untuk setiap 120ml air jeruk lemon, Anda bisa gunakan 5 gram bubuk asam sitrat. Jangan lupa larutkan dalam air, aduk hingga rata.

Baca Juga  Pamer Oplas Hidung, Postingan Ivan Gunawan Tuai Cibiran

6. Cuka putih

Cuka putih tua dapat menambah sedikit asam pada hidangan gurih. Tetapi hanya gunakan pengganti ini dalam jumlah kecil, karena rasa asam akan terasa sangat intens jika digunakan dalam jumlah yang besar

7. Ekstrak lemon

Jika kamu hanya mencari rasa lemon dan bukan keasamannya, ekstrak lemon dapat menggantikan jus lemon dalam resep kue. Ekstrak lemon dapat digunakan untuk menggantikan kulit lemon. Kamu hanya perlu sekitar satu sendok teh ekstrak lemon per dua sendok makan jus lemon untuk mendapatkan rasa lemon yang sama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *