7 Manfaat Minum Teh Tawar untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Ilustrasi teh. (Unsplash/Manki Kim/Suara.com)

Selebgram.net–  Menikmati teh tawar hangat terutama di pagi hari memiliki manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Dilansir dari laman Hellosehat.com, berikut manfaat minum teh tawar untuk kesehatan fisik maupun mental.

Mengurangi risiko kanker

Radikal bebas bisa membuat sel tubuh rusak dan tumbuh abnormal hingga berkembang menjadi kanker.Teh hijau dan teh hitam tawar mengandung flavonoid yang bersifat antioksidan. Sifat ini membantu melindungi sel tubuh dari paparan radikal bebas.

Menurunkan berat badan

Manfaat minum teh tawar hangat di pagi hari baik untuk diet. Karena tanpa gula, teh ini rendah kalori sehingga cocok untuk membatasi asupan kalori harian Anda. Selain itu, kandungan ECGC dan kafein membantu membakar lemak sekaligus kalori yang lebih besar. Namun, penurunan badan yang dialami ini relatif kecil dan tidak drastis.

Baca Juga  4 Hormon Ini Bikin Bahagia, Apa Saja?

Memberikan sensasi menenangkan

Mengutip studi terbitan Journal of Food and Drug Analysis (2021), teh mengandung senyawa l-theanine. Senyawa ini membantu mengatur zat kimia di otak bernama serotonin dan dopamin sehingga memberikan sensasi lebih tenang. l-theanine memicu aktivitas gelombang otak yang membuat Anda lebih rileks, tetapi tetap terjaga.

Meningkatkan fokus

Kafein dan epigallocatechin gallate (EGCG) membantu menjaga kemampuan Anda untuk fokus berkativitas. Kafein membantu meningkatkan senyawa otak yang membuat Anda terus terjaga dan meningkatkan konsentrasi. Sementara itu, kandungan l-theanine memiliki sifat menenangkan sehingga meningkatkan kemampuan Anda mempelajari sesuatu.

Mengendalikan gula darah

Manfaat minum teh tawar ini berasal dari kandungan EGCG. Dikutip dari tinjauan terbitan Antioxidants (2019), EGCG membantu melindungi sel pankreas dari peradangan dan radikal bebas. Pankreas merupakan organ penghasil hormon insulin yang mengendalikan kadar gula darah. EGCG juga membantu meningkatkan kadar insulin dalam darah. Senyawa gallic acid pada teh membantu juga membantu menyerap gula dari dalam darah menuju otot.

Baca Juga  6 Manfaat Akupuntur, Atasi Sakit Kepala hingga Atasi Obesitas

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat minum teh tawar juga baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung. EGCG pada teh membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa menyumbat pembuluh darah. Senyawa flavonoid pada teh meningkatkan senyawa nitric oxide yang bisa menurunkan tekanan darah. Penyumbatan pembuluh darah dan hipertensi bisa memicu berbagai jenis penyakit jantung, seperti stroke, gagal jantung, hingga serangan jantung.

Melindungi fungsi otak

Teh tawar berpotensi mengurangi risiko pikun, alzheimer, dan gangguan fungsi kecerdasan. Senyawa flavonoid bersifat antioksidan yang mengurangi radikal bebas di otak. Radikal bebas ini bisa memicu alzheimer dan pikun. Flavonoid juga membantu peradangan di otak. ECGC juga menghambat senyawa yang menjadi penanda adanya Alzheimer.***

Baca Juga  4 Ciri Tidak Bisa Mengontrol Ego, Kamu Termasuk?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *