Alami Kembung Tak Kunjung Usai? Berikut Tips Mengatasinya

perut kembung
Cara Mengatasi Perut Kembung. (halodoc/Bogordaily.net)

Selebgram.net – Perut kembung adalah kondisi yang ditandai dengan rasa tidak nyaman di perut. Kondisi ini merupakan keluhan yang umum terjadi. Tidak usah khawatir, ada beberapa cara mengatasi perut kembung yang ampuh dan patut Anda coba.

Umumnya, perut kembung sendiri terjadinya karena adanya penumpukan gas di saluran pencernaan. Hal tersebutlah yang akan menimbulkan gejala dan membuat perut tak nyaman.

Meski umum terjadi, kondisi seperti ini kerap kali dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan menganggu aktivitas sehari-hari.

Tak heran pencarian untuk mengatasinya cukup populer di google. Salah satu pertanyaan yg umum diketik adalah apa yang harus dilakukan jika perut kembung.

Beruntung, terdapat beberapa cara mengatasi perut kembung, baik secara alami maupun dengan bantuan obat.

Baca Juga  Pihak Agensi Tanggapi Jadwal Wajib Militer Jin BTS

Merujuk Medical News Today, cara mengatasi perut kembung misalnya dengan dipijat, mandi air hangat, sampai minum obat.

1. Pijat perut

Memijat perut dengan lembut bisa melancarkan pembuangan gas dari dalam tubuh. Selain itu, memijat perut juga melancarkan buang air besar.

Pijat perut bisa dilakukan pada bagian atas pinggul kanan hingga ke arah sisi kanan tulang rusuk. Begitu juga dengan area perut bagian atas ke arah tulang rusuk kiri dan ke arah tulang pinggul kiri.

2. Usapkan minyak esensial

Usapkan minyak esensial ke bagian perut untuk mengurangi rasa kembung. Penggunaannya bisa dilakukan sembari memberi pijatan lembut.

Minyak esensial yang bisa digunakan, seperti minyak kayu putih, minyak tea tree, minyak peppermint, atau kombinasi minyak adas dan kurkumin. Minyak-minyak ini memiliki aroma khas dan kuat yang membantu meringankan masalah seperti mual dan kembung.

Baca Juga  Jangan Ditahan! Ini Bahaya Menahan Buang Air Kecil Bagi Kesehatan

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat memberi efek relaksasi kepda tubuh dan bisa meredakan sakit perut, termasuk yang kembung. Saat tubuh rileks, biasanya stres akan berkurang.

Hal ini juga memungkinkan saluran cerna berfungsi lebih efektif dalam mengurangi kembung.

4. Minum Jahe

Jahe telah digunakan sejak dulu untuk mengatasi kondisi atau penyakit yang berkaitan dengan perut dan gangguan pencernaan.

Selain itu, rasa jahe yang sedikit pedas dapat membantu melegakan tenggorokan serta mengurangi rasa mual. Apabila tak begitu suka dengan rasa pedasnya, Anda bisa menambahkan sedikit madu dan lemon tanpa mengurangi khasiatnya.

5. Minum teh bunga chamomile

Tak hanya meredakan kecemasan dan insomnia, minum secangkir teh chamomile hangat juga dapat mengatasi gangguan pencernaan yang disebabkan bakteri, perut kembung bergas, dan mual.

Baca Juga  Lakukan Roasting, Kiky Saputri Diserang Fans Leslar

Mengutip Livestrong, hal tersebut berkat kandungan antiinflamasi dan antispasmodik pada chamomile, yang juga bermanfaat untuk meredakan kram menstruasi, nyeri sinus, dan nyeri sendi.

6. Yoga

Pose yoga tertentu dapat memosisikan otot-otot perut yang membantu pelepasan gas berlebih di saluran pencernaan. Misalnya, child pose, happy baby pose, dan squat.

Pose-pose ini dapat membantu menghilangkan penumpukan gas dalam perut dengan cepat, sehingga dapat membantu meredakan rasa kembung.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *