Mom, Wajib Tahu! Ini Arti Baby Blues yang Rentan Dialami Usai Melahirkan

Ilustrasi ibu mengalami baby blues.(Freepik/Suara.com)

Selebgram.net–  Ibu yang baru melahirkan rentan mengalami sindrom baby blues.  Kondisi ini biasanya membuat ibu sedih, cemas, bahkan depresi.  Baby blues syndrome atau sindrom baby blues adalah perubahan suasana hati setelah kelahiran yang bisa membuat ibu merasa terharu, cemas, hingga mudah tersinggung.

Dilansir dari laman Hellosehat.com, sindrom blues disebut juga sebagai postpartum blues yang biasanya dialami oleh sekitar 80 persen atau 4-5 ibu baru. Kondisi ini dapat membuat ibu jadi tidak sabaran, mudah marah, khawatir dengan masalah ibu menyusui, hingga khawatir dengan kesehatan bayi.

Padahal, mungkin saja sebenarnya bayi sedang baik-baik saja atau tidak mengalami masalah kesehatan. Bahkan tak jarang, ibu juga bisa merasa lelah tapi sulit tidur dan terus menangis tanpa alasan yang jelas.

Baca Juga  Waduh! Gejala Stroke Bisa Muncul 10 Tahun Lebih Awal

Menurut Pregnancy Birth and Baby, sindrom ini bisa muncul dalam kurun waktu 3-10 hari setelah melahirkan. Sindrom ini biasanya berlangsung kurang lebih selama 2-3 hari di masa nifas. Meski sindrom ini adalah bentuk depresi postpartum yang lebih ringan, pastikan ibu tidak mengabaikan gejala yang muncul.

Ibu yang mengalami baby blues umumnya memiliki gejala utama berupa suasana hati (mood) yang mudah berubah, susah tidur, mudah menangis, dan mudah cemas. Berbagai gejala di antaranya perubahan suasana hati yang cepat, cemas dan kewalahan mengurus bayi, merasa murung dan rewel, sedih dan banyak menangis, sulit tidur, penurunan nafsu makan hingga tidak sabar, gelisah, dan mudah marah serta sulit berkonsentrasi.***

Baca Juga  Cek di Sini! Ramalan Zodiak Asmara Hari Ini, 14 November

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *