Awas Gagal Diet! Nih 10 Makanan yang Harus Dihindari

Ilustrasi berat badan. (Shutterstock/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net  Jika Anda sedang menjalankan program diet, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari dan dibatasi. Apa saja makanan yang sebaiknya dihindari saat diet? Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari laman Klikdokter.com:

Gorengan

Bahan makanan yang digoreng di minyak panas dalam jumlah banyak umumnya bercita rasa yang lezat dan gurih. Namun,  tahukah Anda jika kandungan minyak yang terserap ke dalam bahan makanan bisa menambahkan kalori yang banyak ke dalam tubuh? Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, tentu bisa membuat angka timbangan berat badan kamu semakin naik. Bukan hanya itu mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh juga bisa meningkatkan risiko kolesterol tinggi hingga penyakit jantung.

Makanan Bersantan

Santan termasuk sumber lemak, yang memiliki kalori sebanyak 122 kalori per 100 gram. Dalam ukuran tersebut juga santan mengandung 10 gram lemak. Makanan yang dimasak dengan santan, cenderung memiliki kalori dan lemak yang lebih tinggi. Jika kamu sedang diet, sebaiknya batasi makanan yang bersantan.

Baca Juga  4 Manfaat Menggunakan Lip Balm, Selain Melembapkan

Makanan Cepat Saji

Satu paket makanan cepat saji memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Contohnya, burger yang dilengkapi dengan kentang goreng dan soda. Data Komposisi Pangan menyebut, burger memiliki kalori sebanyak 258 kalori dengan kandungan lemak sebanyak 7,8 gram. Belum lagi kalori kentang goreng yang cukup besar karena diolah dengan cara deep frying. Kalori kentang goreng sekitar 200 kalori.

Ketoprak

Ketoprak adalah makanan sehat karena punya komposisi yang lengkap, seperti karbohidrat dari ketupat, protein dari tahu dan kacang, serta serat dari tauge. Namun, makanan ini bisa bikin diet kamu gagal jika porsi karbohidratnya dobel. Di dalam ketoprak ada bihun, ketupat, hingga kerupuk yang merupakan sumber karbohidrat tinggi kalori. Jika dihitung, satu piring ketoprak bisa mengandung 400-an kalori.

Mie Instan

Dalam satu bungkus mie instan goreng mengandung sekitar 380 kalori dengan 12 gram lemak dan 50 gram karbohidrat. Sebenarnya, tidak masalah jika kamu makan mie instan sesekali. Anda bisa menambahkan sayur-sayuran dan sumber protein ke dalamnya agar menu makan lebih bergizi. Namun, justru banyak yang makan mie instan sebagai lauk dan ditambah lagi dengan nasi. Semakin banyak karbohidrat yang dimakan, semakin besar kalorinya.

Baca Juga  Dialami Sebagian Wanita, Apa Itu PCOS? Berikut Ulasannya

Martabak

Martabak mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Satu potong martabak manis bisa mengandung 200-300 kalori. Tingginya kalori tersebut berasal dari gula, topping (seperti cokelat, keju, kental manis, dan kacang), hingga mentega yang digunakan. Jika dalam sekali makan kamu menghabiskan 3-5 potong martabak alhasil, program diet Anda bisa gagal dan terhenti.

Kue Manis

Kue-kue manis, seperti muffin, donat, cake, dan sebagainya banyak digemari. Sebaiknya hindari dan batasi makanan manis. Sebab semakin banyak gula yang masuk, makin besar pula kalori yang Anda konsumsi. Kalori dari makanan akan semakin menumpuk dan disimpan menjadi lemak di dalam tubuh. Apalagi, jika kamu jarang olahraga.

Baca Juga  7 Bahan Pengganti Lemon, Dijamin Tetap Sama Rasanya

Es Krim

Es krim umumnya terbuat dari susu tinggi lemak dan kadar gula yang tinggi. Belum lagi berbagai rasa tambahan yang bisa membuat es krim semakin manis dan mengandung kalori tinggi.  Data Komposisi Pangan, disebutkan es krim vanilla mengandung 210 kalori per 100 gramnya.

Cokelat

Jenis coklat hitam atau dark chocolate tanpa pemanis punya khasiat bagi kesehatan. Namun, cokelat yang umumnya tersedia di pasaran dan dikonsumsi masyarakat telah dicampurkan gula dan susu sehingga menjadi tinggi gula dan lemak, contohnya milk chocolate dan white chocolate.

Makanan Pendamping

Makanan pendamping, seperti saus, mayones, kerupuk juga bisa menjadi makanan yang membuat gagal diet. Sebagai contoh, saat diet kamu mengonsumsi salad, tetapi menambahkan saus mayones yang tinggi kalori.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *