Baik untuk Kesehatan Mata, Hindari Kebiasaan Ini

kesehatan Mata
Hindari Membaca Diruang Redup, Bisa Membuat Mata Rusak. (cnn/Selebgram.net)

Selebgram.net  – Mata merupakan salah satu indra yang punya peran penting untuk kelancaran aktivitas sehari-hari. Namun, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat merusak kesehatan mata.

Ketika kondisi kesehatan mata kamu buruk, akan terdapat berbagai kendala yang bisa kamu hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak mata dan mungkin nggak kamu sadari.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah kesalahan yang umum kamu lakukan dan menyebabkan kerusakan pada mata.

1. Kurangnya konsumsi sayuran hijau

Sayuran hijau sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Oleh karena itu, kamu wajib untuk mengonsumsi banyak sayuran hijau serta wortel dan minyak ikan.

Baca Juga  Waspada! Olahraga Terlalu Lama Berisiko Turunkan Gairah di Ranjang

2. Terlalu lama menatap layar komputer

Terus-menerus menatap layar komputer sangat melelahkan untuk mata kamu. Untuk itu, jika kamu termasuk pekerja yang terlalu sering menggunakan komputer, berikan waktu beristirahat bagi mata. Cara yang paling sederhana adalah dengan cara berkedip setiap 10 detik sekali. Tindakan ini juga berlaku serupa seperti saat kamu terlalu menatap layar ponsel.

3. Membaca di ruang redup

Membaca buku di ruangan redup dengan pencahayaan minim dapat mengakibatkan otot mata tegang dan berujung kering, sehingga rentan iritasi.

Tak hanya itu, kondisi pupil mata Anda juga akan terpaksa membesar untuk mengambil lebih banyak cahaya melalui lensa retina.

4. Tak menghapus make up mata

Baca Juga  Yuk Dicoba! Ini 5 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat

Bagi para wanita, jangan malas untuk menghapus make up mata. Pasalnya, selain tak nyaman untuk tidur dengan make up mata, tidak menghapus make up mata juga bisa membuat mata mudah kotor.

5. Merokok
Merokok merupakan kebiasaan yang berakibat buruk bagi kesehatan mata. Sebab, asapnya bisa menyebab degenerasi makula, penyakit yang bisa membuat kebutaan.

6. Sering memakai lensa kontak

Lensa kontak yang digunakan sesekali memang boleh saja. Asal tidak dipakai seharian, bahkan terbawa tidur.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) melaporkan, sekitar satu juta orang Amerika setiap tahunnya ke dokter mata karena infeksi pemakaian lensa kontak.

7. Tidak memakai sunglasses

Baca Juga  Jarang Disadari, Kenali Gejala Kanker Prostat pada Pria

Jika kamu sering berada di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu memakai sunglasses atau kacamata hitam. Pasalnya, tindakan ini bisa melindungimu dari sinar UV yang bisa menyebabkan katarak dan penyakit mata lainnya.

Mengingat pentingnya kesehatan mata, kamu wajib untuk merawat kesehatan matamu ya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jaga kesehatan mata dengan menghindari sejumlah hal-hal yang disebutkan di atas.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *