Banyak di Konsumsi, Ini 5 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Habbatussauda Bagi Tubuh. (okezone/Selebgram.net)

Selebgram.net – Tanam herbal satu ini, habbatussauda memang sudah banyak dikonsumsi oleh banyak orang. Mereka mengkonsumi habbatussauda karena memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh.

Habbatussauda (Jinten Hitam) atau Nigella Sativa merupakan tanaman herbal berbentuk biji-bijian yang berasal dari bunga adas. Tanaman satu ini telah digunakan selama ribuan tahun lamanya sebagai pengobatan herbal karena khasiatnya yang baik untuk tubuh.

Tak sedikit penelitian telah membuktikan bahwa habbatussauda menghasilkan sel yang dapat membunuh virus beberapa jenis penyakit.

Habbatussauda memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung salah satu komponen utama bernama polisakarida. Berikut 5 manfaat habbatussauda bagi kesehatan tubuh

1. Menurunkan kolesterol

Baca Juga  3 Dampak Buruk Konsumsi Cokelat, Jangan Berlebihan!

Kolesterol merupakan lemak jahat yang menumpuk di aliran darah. Semakin banyak lemak yang menumpuk dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Menurut penelitian, minyak Habbatussauda bisa menurunkan kandungan lemak jahat (LDL total) dalam tubuh. Mengutip dari healthline.com, minyak jintan hitam ini lebih efektif menurunkan kolesterol dibanding bubuk bijinya. Tetapi bubuk biji jintan hitam bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Sebuah penelitian dilakukan pada 57 pasien penderita diabetes. Hasinya, Habbatussauda bisa membantu menurunkan kolesterol setelah pemakaian satu tahun.

2. Kaya antioksidan

Antioksidan bisa menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu senyawa ini bisa mencegah kerusakan oksidatif pada sel. Beberapa penelitian menemukan antioksidan bisa mencegah tubuh dari penyakit kronis seperti kanker, diabetes, jantung, dan obesitas.

Baca Juga  5 Manfaat Minum Jus Lemon untuk Kesehatan Tubuh

3. Melawan Kanker

Antioksidan pada jintan hitam bisa membantu menetralisir radikal bebas. Sebuah penelitian menemukan senyawa anti-kanker thymoquinone bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Senyawa yang terkandung dalam Habbatussauda, efektif melawan jenis kanker seperti kanker pankreas, paru-paru, serviks, prostat, kulit, kanker payudara, dan usus besar.

Namun belum ada penelitian yang cukup pada manusia, untuk membuktikan apakah efek anti-kanker Habbatussauda dikonsumsi sebagai bumbu atau suplemen.

4. Manfaat untuk lambung

Sakit maag bisa menimbulkan luka pada lambung. Luka ini akan terbentuk ketika asam lambung lebih banyak di lapisan lendir pelindung yang melapisi perut.

Konsumsi Habbatussauda sebagai bumbu atau obat herbal, bisa meredakan sakit perut dan kram. Minyak yang terbuat dari jintan hitam ini juga bisa mengurangi gas, perut kembung, dan timbulnya bisul.

Baca Juga  Empat Mitos Soal Cokelat, Benar atau Salah?

5. Melindungi Hati

Hati termasuk organ penting dalam tubuh sebagai metabolisme, memproses nutrisi, menghilangkan racun, dan menghasilkan bahan kimia serta protein untuk tubuh.

Beberapa penelitian menguji hewan untuk menemukan efek Habbatussauda untuk penyembuhan hati. Sebuah penelitian menemukan minyak jintan hitam bisa melindungi tikus dari kerusakan hati.

Habbatussauda memiliki antioksidan yang bisa mengurangi peradangan. Tetapi penelitian ini belum dilakukan pada manusia dan bagaimana pengaruhnya pada kesehatan hati.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *