Bikin Awet Muda, Berikut Deretan Manfaat Teh Hijau untuk Wajah

Ilustrasi teh hijau.(Pixabay/Suara.com/Selebram.net)

Selebgram.net– Teh hijau dipercaya sebagai minuman yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, menurunkan berat badan, bahkan menurunkan risiko kanker.  Selain manfaatnya untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga bermanfaat untuk wajah. Berikut sejumlah manfaat teh hijau untuk wajah, yang dirangkum Your Say Suara.com dari laman Sehatq.com.

Melawan penuaan dini

Teh hijau dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Manfaat ini diketahui berkat kandungan molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) di dalam teh hijau. Berdasarkan studi penelitian Medical College of Georgia di Amerika Serikat, EGCG memiliki khasiat untuk meremajakan sel kulit mati.

Mengatasi jerawat

Teh hijau juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Manfaat ini diklaim berasal dari kandungan sifat antioksidan, antimikroba, dan anti radang yang dimiliki teh hijau. Selain itu, kandungan EGCG membantu meredakan jerawat dengan menghambat perkembangan bakteri Propionibacterium acnes.

Baca Juga  Bisa Bikin Kulit Glowing, Coba Konsumsi 5 Makanan Ini
Ilustrasi perawatan wajah. (Pexels/Andrea Piacquadio/Suara.com/Selebgram.net)

Mengatasi kulit berminyak

Masalah kulit wajah berupa berminyak juga dapat diatasi oleh teh hijau. Kandungan polifenol pada teh hijau dikenal dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Kondisi minyak berlebih pada wajah ini berpotensi menjadi penyebab jerawat muncul.

Melawan infeksi penyebab jerawat

Selain untuk mengatasi kulit berminyak, kandungan polifenol juga dipercaya dapat melawan infeksi dengan cara merusak membran bakteri. Ampas teh hijau bermanfaat untuk wajah berjerawat dinilai dapat menghentikan infeksi bakteri penyebab jerawat membandel.

Melembabkan kulit

Manfaat masker teh hijau cukup menarik. Manfaat ini diketahui berasal dari kandungan vitamin E pada teh hijau. Vitamin E sendiri berfungsi dapat menjaga hidrasi dan kelembapan kulit.

Baca Juga  4 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering, Yuk Catat!

Membantu melawan kanker kulit

Teh hijau juga disebut-sebut dapat membantu melawan kanker kulit karena mengandung epicatechin gallate (ECG). Molekul tersebut memiliki efek antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yakni penyebab sel tubuh rusak dan pemicu penyakit seperti kanker kulit.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *