Bikin Kecanduan, Waspada Dampak Buruk Selfie

Ilustrasi selfie.(George Dolgikh/Pexels.com/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Fenomena selfie kini populer sejak kehadiran ponsel pintar dan media sosial. Selfie bahkan menjadi aktivitas yang tak terlewatkan, baik saat kumpul dengan teman atau menghadiri suatu acara. Aktivitas ini dapat membawa manfaat positif. Namun sebaiknya waspada sebab kebiasaan foto selfie secara berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk, terutama bagi kesehatan mental. Dilansir dari laman Hello Sehat, berikut dampak buruk foto selfie secara berlebihan:

Meningkatkan risiko gangguan mental

Foto selfie dan media sosial terkadang membuat seseorang mulai membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini tentu bisa memperparah stres dan depresi yang telah dialami. Dikutip dari Child Mind Institute, remaja yang perfeksionis dan fokus mengubah penampilannya setelah melihat citra baik di media sosial lebih berisiko mengalami gangguan makan.

Baca Juga  Ini Makanan yang Bisa Bikin Perut Buncit, Kurangi Yuk!  

Menumbukan citra tubuh negatif

Seseorang mungkin memiliki citra tubuh negatif dan bisa merasa cemas pada penampilan tubuh dan mulai berpikir bila dirinya memiliki kelainan tertentu, padahal tidak. Kondisi psikologis yang disebut body dysmorphic disorder ini mungkin saja muncul setelah seseorang menerima komentar buruk tentang bentuk tubuh pada unggahan selfie-nya.

Merusak hubungan dengan orang lain

Banyak orang sepakat kalau mem-posting selfie ke media sosial cenderung dapat menghasilkan likes dan komentar yang lebih banyak. Namun, ini bisa menjadi bumerang bila dilakukan secara berlebihan. Kecanduan selfie bisa saja merusak hubungan dengan orang terdekat Anda. Mereka mungkin akan sering mengabaikan Anda atau mulai berkomentar bila merasa terganggu.

Baca Juga  Gokil, Jess No Limit dan Sisca Kohl Bagikan Souvenir Nikah Emas Batangan

Mengundang kejahatan siber

Mungkin Anda pernah dengan sengaja atau tidak mengambil foto tiket perjalanan atau kartu identitas. Hal ini tentu meningkatkan risiko Anda untuk menjadi korban kejahatan siber (cyber crime). Foto ini bisa disalahgunakan, salah satunya untuk melakukan tindak penipuan.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *