Bikin Kurang Pede, Ini Cara Mengobati Bercak Putih di Wajah

Ilustrasi perawatan wajah. (Pexels/Andrea Piacquadio/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Penyabab bercak putih di wajah bisa karena berbagai hal. Kondisi ini kerap memengaruhi rasa percaya diri seseorang yang mengalaminya. Bercak putih di wajah juga sering dikaitkan dengan kurangnya menjaga kebersihan wajah. Padahal, munculnya bercak putih dapat disebabkan oleh berbagai hal dan penanganannya disesuaikan dengan penyebabnya.

Dilansir Aladokter.com, bercak putih di kulit, termasuk area wajah, dikenal juga dengan sebutan bercak hipopigmentasi. Kondisi ini ditandai dengan kulit yang tampak lebih terang atau putih karena kekurangan pigmen melanin. Hipopigmentasi dapat dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari infeksi, iritasi, luka, hingga gangguan autoimun.

Cara mengobati bercak putih di wajah tergantung pada penyebabnya. Jika bercak putih diakibatkan oleh vitiligo, dokter akan melakukan perawatan dengan tujuan mengembalikan warna pada kulit wajah dan menghentikan perluasan area bercak putih tersebut.

Baca Juga  6 Cara Alami Melentikkan Bulu Mata, Bikin Penampilan Makin Menarik

Dokter dapat memberikan obat oles, obat minum, maupun terapi sinar ultraviolet untuk mengatasi bercak putih yang muncul akibat vitiligo.

Untuk mengatasi munculnya bercak putih akibat panu, dokter dapat memberikan obat panu yang mengandung antijamur, baik dalam bentuk krim, losion, sabun, atau tablet minum.

Bercak putih akibat pityriasis alba umumnya diatasi dengan pemberian obat oles dalam bentuk krim oleh dokter. Obat ini bertujuan untuk menghambat perubahan warna kulit, menghilangkan kerak, serta mengatasi rasa gatal dan kekeringan pada kulit wajah.

Dengan mengetahui penyebab bercak putih di wajah, langkah penanganan yang tepat pun dapat dilakukan. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter bila muncul bercak putih pada wajah Anda. Selain itu, hindari pengobatan alami tanpa anjuran dari dokter.***

Baca Juga  Jarang Diketahui, Ini 7 Ekspresi Wajah yang Menimbulkan Keriput Lebih Cepat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *