Cara Ampuh Melawan Stres Menurut Psikologi, Ubah Mindset

melawan stres
Ilustrasi.(Istimewa/Selegram.net)

Selegram.net – Kondisi stres sering kali memicu gangguan fisik dan mental yang jika tidak segera ditangani akan mengarah pada depresi. Jangan berlarut-larut, Anda harus bisa melawan stres tersebut.

Biasanya, stres dapat menimbulkan sederet dampak negatif, seperti sakit kepala, gangguan tidur, perubahan emosi, depresi, sampai trauma.

Sebelum terlambat, ada baiknya untuk segera menangkal stres yang mulai dirasakan. Lakukan tiga cara ampuh menurut psikologi berikut ini untuk melawan stres :

1. Fokus pada solusi

Segala sesuatu akan mendapatkan hasil terbaik saat dilakukan dengan fokus dan memusatkan perhatian secara utuh, termasuk dalam menyelesaikan masalah.

Seringkali masalah yang muncul mampu menjadi pemicu stres saat kita mulai kurang fokus pada solusi dan hanya melihat dampak dari masalah tersebut.

Baca Juga  Mom, Wajib Tahu! Ini Arti Baby Blues yang Rentan Dialami Usai Melahirkan

Fokuskan pikiran pada solusi paling memungkinkan agar tidak terus terjebak dalam masalah yang terkadang hanya ada di pikiran kita.

Cara berpikir semacam ini akan membantu kita melakukan segala sesuatu yang memang dibutuhkan untuk mengubah situasi menjadi lebih baik.

2. Ubah mindset

Reappraisal merupakan metode untuk menafsirkan ulang pandangan tentang situasi agar tidak stres atau setidaknya mengurangi dampak yang ada jika memang sudah terlanjur dirasakan.

Misalnya, stres yang muncul akibat mengalami pemutusan hubungan kerja atau malah patah hati.

Jangan hanya merasa sedih atau terpuruk, ubah situasi tersebut agar tidak terus menerus menekan pikiran dan mental. Tidak apa-apa kehilangan pekerjaan, nanti bisa dicari lagi.

Baca Juga  Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Qadha Ramadhan Lengkap

Tidak apa-apa kehilangan kekasih, mungkin dia memang bukan jodoh terbaik. Mindset sederhana seperti ini akan membantu membangun ketenangan dan mengalihkan fokus pada hal-hal yang lebih layak diprioritaskan.

3. Tenangkan emosi

Tidak dimungkiri bahwa setiap masalah hidup yang mampu memicu stres akan membuat mental seseorang mudah jatuh.

Bukan selalu karena beratnya masalah, terkadang pengaruh fluktuasi emosi justru lebih sering menambah tekanan batin jika tidak segera ditangani.

Cobalah untuk menenangkan emosi dan kondisi mental dengan cara berbagi perasaan lewat momen curhat. Cara ini terbilang ampuh karena perasaan akan jauh lebih lega dan seringkali ada solusi yang bisa didapat dari teman curhat, entah itu keluarga, saudara, atau sahabat.

Baca Juga  Minum Kopi Setiap Hari Tingkatkan Resiko Kematian, Ini Faktanya

Jika tidak memungkinkan untuk bercerita, menyibukkan diri dengan aktivitas fisik juga bisa berdampak positif.

Berolahraga akan membantu menenangkan tubuh sekaligus membuang energi negatif dalam pikiran. Atau hangout dan mencoba aktivitas baru yang belum pernah dilakukan juga layak dicoba, lho.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *