Cara Mengatasi Mata Lelah, Yuk Coba!

Ilustrasi lelah. (Freepik/Yanalya/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Mata lelah merupakan gangguan yang terjadi akibat mata terlalu dipaksa untuk bekerja tanpa istirahat. Biasanya hal ini disebabkan oleh terlalu menatap layar komputer atau gadget dan penyebabnya bisa karena seperti mengendarai kendaraan dalam jarak jauh, terpapar cahaya terlalu terang hingga presbiopi pada usia lanjut.

Kondisi ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, meskipun umumnya tidak berbahaya tetapi dapat menjadi pertanda adanya gangguan penglihatan yang juga membutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

Beberapa gejala yang ditimbulkan dari mata lelah di antara lain, mata terasa nyeri, perih, gatal, berair, pandangan kabur, sensitif terhadap cahaya, dan sulit berkonsentrasi. Gejala mata lelah ini juga bisa menyebar ke bagian tubuh yang lainnya seperti nyeri bahu, leher, punggung dan sakit kepala.

Baca Juga  5 Cara Menurunkan Demam Tanpa Minum Obat

Jika kurang tidur, mata lelah juga bisa menurunkan  produktivitas dan masalah kesehatan yang lebih serius lainnya. Dilansir YourSay.id dari laman Aladokter berikut berikut cara mengatasi mata lelah:

Mengatur pencahayaan dan posisi layar komputer

Atur pencahayaan pada komputer atau gadget yang digunakan. Pastikan menjaga jarak pandang yang aman antara mata dengan layar gawai yang digunakan yakni sekitar 50-66 cm.  Selain itu, juga bisa menggunakan kursi yang dapat disesuaikan posisinya supaya jarak mata dan layar komputer tetap bisa dijaga.

Mengatur pencahayaan ruangan

Pencahayaan pada ruangan juga perlu diatur supaya tidak terlalu terang dan membuat mata silau. Jika menggunakan lampu ruangan atau lampu meja yang cukup terang ini bisa menurunkan tingkat pencahayaan di komputer atau gadget.

Baca Juga  Waspada Penyakit! 5 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan  

Mengistirahatkan mata

Mata juga harus diistirahatkan. Jangan terus-menerus menggunakan komputer atau gawai. Apabila setiap 20 menit bekerja, harus berusaha untuk mengistirahatkan mata setidaknya selama 20 detik.

Melakukan perawatan mata secara berkala

Saat mengalami mata lelah, hal ini juga bisa dicegah dengan melakukan perawatan seperti mengompres mata dengan kain yang telah dibasahi air hangat. Selain itu, bisa juga menggunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata yang kering.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *