Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Perawatan tumit retak. (Shutterstock/Suara.com/Selebgram.net)

Selebram.net– Tumit pecah-pecah bisa membuat tidak nyaman hingga dapat mengurangi penampilan kaki. Tumit pecah-pecah atau yang dikenal sebagai fisura ini menjadi masalah umum pada kaki baik orang dewasa dan anak-anak. Bagi kebanyakan orang, tumit pecah-pecah ini bukan menjadi sebuah masalah yang serius, namun dalam beberapa kasus tumit pecah-pecah ini dapat menyebabkan rasa sakit saat berdiri dan berjalan.

Dilansir Suara.com dari Prevention, ada beberapa penyebab utama tumit pecah-pecah seperti berdiri terlalu lama di lantai yang keras, mengenakan sandal dengan punggung terbuka, kapalan, obesitas, psoriasis, dan eksim. Ada beberapa cara mengatasi tumit pecah-pecah yang bisa dilakukan sendiri di rumah agar kaki kembali terasa nyaman, tidak sakit bahkan menyebabkan pendarahan. Berikut cara mengatasi tumit pecah-pecah?

Baca Juga  Ternyata, Tidur Nyenyak Lebih Penting untuk Kesehatan Loh!

Merendam kaki secara rutin

Cara mengatasi tumit pecah-pecah yang pertama adalah dengan merendam kaki secara rutin. Anda dapat merendam kaki secara rutin setiap satu minggu sekali. Selain itu tambahkan perasan lemon untuk membantu menyingkirkan sel-sel kulit kering. Rendam selama 10 menit dan gosok kaki dengan lembut.

Menggosok kaki dengan batu apung

Gunakan batu apung untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Caranya dengan menggosok pada area tumit yang pecah-pecah dan lakukan secara rutin untuk menghaluskan kulit yang kasar akibat kapalan. Namun, bagi penderita diabetes dan neuropati dilarang untuk menggunakan batu apung karena dapat menyebabkan infeksi. Sebaiknya hubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Minyak kelapa

Baca Juga  3 Dampak Buruk Konsumsi Cokelat, Jangan Berlebihan!

Minyak kelapa disarankan untuk digunakan untuk kondisi kulit kering, eksim dan psoriasis. Minyak kelapa juga efektif digunakan untuk tumit pecah-pecah. Caranya adalah dengan menggunakan minyak kelapa setelah merendam kaki. Gunakan pelembap pada siang dan malam hari. Setelah mengoleskan pelembap, kenakan kaus kaki yang nyaman agar pelembap dapat terserap dengan baik.

Menggunakan kaus kaki katun saat tidur

Mengenakan kaus kaki katun dapat membantu tumit kaki tidak pecah-pecah. Kaus kaki juga dapat menjaga kelembapan kaki hingga mencegah sprei ternoda.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *