Cara Mudah Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat, yuk Simak

tekanan darah
Ilustrasi. (CNN/Selebgram.net)

Selebgram.net – Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat mempengaruhi hampir separuh orang dewasa di Amerika Serikat, dan berkontribusi terhadap beban penyakit jantung. Menurut Ahli epidemiologi Paul Muntner kepada American Heart Association (AHA), dengan penuaan populasi dan peningkatan harapan hidup, prevalensi tekanan darah tinggi diperkirakan akan terus meningkat.

Bahkan jika tidak diobati, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan ginjal, demensia vaskular, strok, dan masalah kesehatan lainnya, menurut National Institute on Aging (NIA).

Masalahnya, hipertensi jarang memiliki gejala. Meskipun, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan nyeri dada, kesulitan bernapas, penglihatan kabur, mimisan, atau sakit kepala, menurut British Heart Foundation.

Seperti dilansir dari laman Health Digest, perubahan gaya hidup kecil dapat membuat perbedaan besar. Berikut tiga caranya menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat :

Baca Juga  Jarang Diketahui, 4 Manfaat Mengonsumsi Jus Wortel

1. Berolahraga Secara Teratur

Ternyata, aktivitas fisik dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang “sederhana tapi konsisten”, menurut ulasan tahun 2018 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine.

Setelah menyelidiki hampir 400 penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa olahraga teratur sama efektifnya dengan kebanyakan obat yang direkomendasikan untuk tekanan darah tinggi.

Terlebih, itu dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 27 persen, memfasilitasi penurunan berat badan, dan meningkatkan lipid darah.

Bukan berarti perlu ke gym atau jogging setiap hari. Jalan cepat, kelas dansa, bersepeda, dan aktivitas lainnya juga dihitung sebagai olahraga. American Council on Exercise merekomendasikan untuk membagi latihan menjadi tiga sesi 10 menit per hari.

Baca Juga  Pakai Akun Palsu, Tasya Farasya Ketahuan Hina Tasyi Athasyia

2. Kurangi Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol dapat meningkatan tekanan darah yang singkat tapi dramatis debgan efek yang bervariasi di antara individu, catat Mayo Clinic.

Untuk tetap aman, cobalah untuk tidak melebihi 200 miligram kafein per hari. Hindari kopi, minuman berenergi, teh hitam, atau minuman berkafein lainnya sebelum berolahraga.

Lebih baik lagi tukar dengan kopi sawi putih, minuman herbal yang dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam empat pekan, menurut sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Traditional and Complementary Medicine.

3. Kontrol Pola Makan, Tidur, dan Tingkat Stres

Mengurangi asupan natrium hingga sepertiga dapat secara signifikan menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung dan strok hingga 80 persen, menurut penelitian klinis yang dipublikasikan di Archives of Medical Science.

Baca Juga  Mau Berhenti Merokok? Coba 4 Tips Ini!

Pakar kesehatan merekomendasikan untuk mengurangi lemak, makan banyak buah dan sayuran, dan berhenti merokok, di samping langkah lainnya.

Perhatikan kecukupan tidur. Gangguan tidur yang ringan namun teratur dapat berdampak negatif pada tekanan darah dan memicu respons peradangan, menurut sebuah artikel penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association.

Waspada juga bahwa stres dapat memengaruhi rutinitas tidur, diet, dan olahraga, sehingga membuat darah lebih sulit dikendalikan.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *