Coba Deh, Begini Cara Mengolah Sawi Agar Tidak Terasa Pahit

mengolah sawi agar tidak pahit
Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pada Sawi. (orami/Selebgram.n et)

Selebgram.net – Ketika diolah menjadi menu makanan, sawi biasanya masih memiliki rasa pahit sehingga cukup mengganggu rasa masakan di lidah. Nah, berikut ini adalah tips mengolah sawi agar tidak terasa pahit.

Sawi termasuk jenis sayuran yang tahan terhadap hujan. Oleh karena itulah sawi sangat baik dikonsumsi setiap tahun ataupun setiap musim.

Selain sehat, sayuran sawi juga memiliki banyak kegunaan sebagai bahan makanan (bahkan minuman).

Jika diberi beberapa bumbu dan “diurus” terlebih dahulu, sawi hijau tidak akan terasa pahit, justru rasanya bakal jadi lebih enak dan mungkin Anda yang tak suka sayur pun bisa beralih menyukainya.

Untuk menghindari rasa pahit saat memasak sawi, ada baiknya kamu menyimak 5 tips memasak sawi tanpa rasa pahit berikut ini!

Baca Juga  Detik-detik Dewi Rezer Dilamar Pacar Bule, So Sweet!

1. Rebus sawi

Ketika kamu hendak memasak sawi, cobalah untuk merebusnya terlebih dulu. Setelah kamu merebusnya, angkat dan tiriskan. Kamu bisa mencucinya untuk mengurangi sisa rasa pahit dan peraslah agar kandungan air di dalamnya berkurang. Kemudian, kamu bisa memberikan bumbu sesuai dengan seleramu.

2. Gunakan garam

Tambahkan garam ketka kamu merebus sawi. Selain membuat sawi tetap berwarna hijau segar, menambahkan garam juga terbukti mengurangi rasa pahit dalam sawi lho!

3. Gunakan air dingin

Sebelum kamu memasak sawi, ada baiknya kamu merendam sawi ke dalam air dingin. Dengan cara sederhana ini, rasa pahit yang terkandung dalam sawi dapat berkurang, masakan sawi pun jadi lebih lezat!

Baca Juga  3 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

4. Gunakan lemon

Jika kamu hendak membuat salad dan bermaksud untuk menambahkan sayur sawi ke dalam campurannya, ada baiknya agar kamu menambahkan perasan lemon segar ke dalamnya. Cara satu ini cukup efektif untuk mengurangi rasa pahit yaang mungkin saja akan muncul dari batang sawi.

Selain itu, mencampurkan perasan jeruk lemon ke dalam salad sayur dapat menambah tampilan sayur menjadi jauh lebih segar. Kamu pun dapat menyantap sepiring salad sayur dengan lebih bergairah.

5. Jangan merebus sawi terlalu lama

Merebus sawi terlalu lama dapat memunculkan rasa pahit. Hal ini karena sawi yang direbus terlalu lama dapat merusak struktur yang ada pada sawi.

Baca Juga  Rambut Bau saat Pakai Hijab Bikin Gak Pede? Ini Tips Atasi Rambut Bau saat Gunakan Hijab

Kamu juga bisa membuang bagian batang sawi karena umumnya rasa pahit muncul pada bagian batangnya, terlebih jika sawi yang kamu masak sudah terlalu tua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *