Coba Yuk! Ini 6 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Kecantikan dan Kesehatan

manfaat minum susu
Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur. (suara/Selebgram.net)

Selebram.net –  Biasanya, susu dikonsumsi setiap pagi sebelum beraktivitas. Namun ternyata, ada juga manfaat minum susu sebelum tidur untuk kecantikan dan kesehatan lho,

Susu mengandung berbagai zat gizi yang penting bagi tubuh manusia. Minuman ini kaya akan protein dengan sembilan asam amino serta mineral seperti fosfor, yodium, kalsium, kalium, dan kalsium yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini sejumlah manfaat minum susu sebelum tidur untuk kecantikan dan kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kualitas tidur lebih baik

Jumlah tidur yang tidak cukup tidak hanya mempengaruhi kinerja tubuh, tetapi juga kesehatan kulitmu. Kurang tidur akan membuat kulitmu menjadi lebih kering, lebih cepat keriput, dan kusam. Jika kamu kesulitan untuk tidur, minum susu sebelum tidur dapat membantumu untuk tidur lebih nyenyak sekaligus mendukung pola tidur yang lebih baik.

Baca Juga  Cara Menaikkan Followers TikTok Secara Cepat Tanpa Keluarkan Biaya

Ini dikarenakan susu mengandung melatonin, hormon yang berperan dalam siklus tidur dan memberi efek kantuk pada malam hari.

2. Mengurangi stres

Susu merupakan minuman kaya kalsium yang tidak hanya baik untuk tulang, tetapi juga dapat mengurangi stres. Kamu tentunya sudah tahu stres dapat memperburuk kondisi kulitmu. Minum segelas susu hangat dapat menurunkan stres dan memberi efek relaksasi pada tubuh.

Bahkan, dalam penelitian lainnya di tahun 2017, menemukan susu juga dapat meredakan gejala PMS pada wanita.

3. Menjaga elastisitas kulit

Dokter Beall, dilansir dari Oprah Daily, mengatakan, “Protein yang ditemukan dalam produk susu dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit seiring bertambahnya usia,” ucapnya. Susu juga mengandung retinol, yang dikenal sebagai antioksidan anti-aging dan pemulihan kulit. Tak hanya itu, vitamin E, vitamin C, vitamin B dan vitamin D yang terkandung dalam susu juga merupakan vitamin anti-aging dan antiinflamasi yang memberi perlindungan ekstra pada kulit dari sinar UV.

Baca Juga  Manfaat Pijat Wajah Tak Hanya untuk Kecantikan, Apa Saja?

4. Menjaga berat badan

Manfaat minum susu sebelum tidur untuk kecantikan selanjutnya adalah menjaga berat badan. Mungkin sebelumnya kamu berpikir bahwa minum susu menyebabkan kenaikan berat badan, tetapi faktanya, minum susu sebelum tidur dapat mencegah kenaikan pada berat badanmu.

Hal ini dikarenakan susu mengandung protein tinggi yang menyebabkan kamu merasa kenyang lebih lama, yang dapat mencegah makan berlebihan.

5. Mengurangi kebiasaan makan tengah malam

Rasa lapar bisa membuat Anda terbangun dari tidur malam. Hal ini wajar karena tubuh tidak mendapatkan asupan energi selama tidur. Minum susu sebelum tidur bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi rasa lapar pada tengah malam.

Baca Juga  5 Jenis Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet, Ada Beras Coklat

Susu mengandung zat gizi karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Kandungan lemaknya dapat menjadi cadangan energi, sedangkan protein memberikan rasa kenyang yang bertahan sepanjang malam.

6. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Waktu tidur pada malam hari merupakan saat yang baik bagi tubuh untuk memproses zat gizi dari makanan. Selama proses ini berlangsung, tubuh Anda turut memperbaiki berbagai jaringan, termasuk tulang dan otot.

Susu merupakan sumber yang baik dari protein, vitamin D, dan kalsium. Ketiga zat gizi ini sangat diperlukan untuk memperbarui jaringan tulang dan otot yang mengalami kerusakan setelah beraktivitas.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *