Hindari 6 Jenis Makanan Ini Agar Usus Sehat

Ilustrasi pencernaan. (Mhomecare.co.id/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Agar usus sehat, konsumsilah makanan yang juga menyehatkan usus. Misalnya dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu agar tidak mudah rusak atau mengalami gangguan. Melansir YourSay.id dari Eatthis, berikut daftar makanan yang tidak boleh terlalu banyak disantap.

Mengandung Banyak Gula

Usus merupakan saluran pencernaan yang berperan sebagai penyerap nutrisi makanan. Setelah itu asupan ini dibagikan ke semua bagian tubuh. Kemudian, sisanya disalurkan menuju saluran pembuangan. Organ ini harus selalu berada dalam kondisi sehat agar bisa menjalankan semua fungsi tersebut. Olahan yang memiliki banyak kandungan gula antara lain permen, kue kering, dan minuman manis. Semua bisa menurunkan jumlah bakteri baik di usus, sehingga menimbulkan inflamasi atau kerusakan pada dinding-dinding usus.

Baca Juga  4 Jenis Sayuran Baik untuk Kesehatan Tulang

Makanan Olahan

Hampir semua jenis makanan olahan punya kandungan gula dan fruktosa tinggi. Keduanya dapat mengurangi jumlah bakteri baik dalam usus dan membuat kinerja organ tersebut jadi terganggu. Ganti makanan ini dengan asupan lain yang memiliki kandungan serat tinggi, rendah garam, dan rendah gula.

Gorengan

Meski memiliki rasa yang sangat enak dan lezat, makanan yang diolah dengan cara digoreng perlu dihindari apabila ingin memiliki usus sehat. Makanan ini kandungan minyaknya sangat tinggi dan mudah memunculkan kerusakan di usus karena jumlah bakteri jahat akan meningkat.

Pemanis Buatan

Penggunaan pemanis buatan sering membuat tubuh mudah gemuk dan meningkatkan risiko serangan penyakit kronis. Selain itu yang lebih berbahaya lagi, dapat membuat usus mudah sakit dan rusak. Selanjutnya, sistem metabolisme akan terganggu.

Baca Juga  5 Pilihan Makanan Ini Bisa Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Protein Bar

Protein bar sering dipakai untuk menambah energi tubuh secara instan. Makin tinggi kandungan protein bar di suatu olahan makanan atau minuman, semakin meningkat pula kandungan karbohidrat dan gula yang masuk ke usus. Dengan demikian, risiko terjadinya kerusakan dalam organ pencernaan tersebut ikut meningkat.

Alkohol

Jangan sering-sering mengonsumsi alkohol karena dapat menimbulkan masalah besar di semua organ tubuh termasuk usus. Jumlah bakteri baik akan berkurang sehingga membuat proses pencernaan jadi terganggu dan tidak dapat berjalan dengan lancar.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *