Hindari! Berikut Bahaya Jarang Gunakan Sunscreen untuk Kulit

jarang gunakan sunscreen
Bahaya Jarang Gunakan Sunscreen. (beautynesia/Bogordaily.net)

Selebgram.net -Memang benar, kita membutuhkan sinar UV sebagai sumber vitamin D terbaik bagi kulit. Namun, jika terpapar secara rutin juga tidak bagus untuk kulit, oleh karenanya kita harus menggunakan sunscreen. Berikut bahaya jarang gunakan sunscreen untuk kulit.

Agar kulitmu terhindar dari beragam masalah dan kerusakan kulit, pastikan untuk menggunakan sunscreen setiap hari sebelum kamu beraktivitas, baik indoor, maupun outdoor.

Tapi sayang, masih banyak orang yang enggan memakai sunscreen. Alasannya karena teksturnya yang terasa tebal, meninggalkan whitecast, susah dibaurkan, sampai terasa perih.

Karena alasan-alasan itu akhirnya beberapa orang memilih tidak pakai sunscreen. Padahal kalau tidak pakai sunscreen, ada berbagai dampak buruk yang bisa dialami kulit. Melansir Vedix, berikut 5 dampak buruk bila kamu jarang menggunakan sunscreen.

Baca Juga  5 Cara Menghilangkan Mata Panda 

1. Sun Spot

Sun spot (bintik matahari atau bintik penuaan) terjadi ketika kulit terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Bintik matahari ini biasanya berhubungan dengan gatal atau sensasi terbakar.

2. Penuaan Dini

Radiasi sinar UV dapat merusak kolagen dan jaringan ikat di kulit. Ini, pada gilirannya, menyebabkan hilangnya elastisitas pada kulit sehingga menyebabkan kerutan, kulit kendur dan tanda penuaan muncul di kulit.

3. Penggelapan Kulit

Kulit memproduksi melanin dalam jumlah berlebihan sebagai bagian dari pertahanan alaminya terhadap radiasi matahari. Ini meninggalkan kulit dengan bercak gelap dan warna yang tidak merata.

4. Sun Burn

Sun burn merupakan luka bakar pada kulit akibat terlalu banyak terpapar radiasi UV dari matahari. Kulit mungkin mengalami sengatan matahari ringan hingga parah yang muncul sebagai bercak merah, panas, sampai nyeri pada kulit yang melepuh.

Baca Juga  The Glory Sukses, Song Hye Kyo Dibayar Rp 2,4 M Per Episode

5. Kanker Kulit

Radiasi UV dapat menyebabkan kerusakan DNA yang tidak dapat diperbaiki yang dapat menghasilkan mutasi gen, yang pada akhirnya dapat memicu kanker di kulitmu. Pada kanker kulit, sel-sel kulit berkembang biak dengan cepat membentuk tumor ganas.

6. Menimbulkan Jerawat
Dampak buruk dari malas menggunakan sunscreen selanjutnya yang bisa kamu rasakan adalah munculnya jerawat pada kulitmu. Ya, hal ini dikarenakan paparan matahari yang berlebih dapat menyebabkan kulit kering dan dehidrasi.

Ketika kulit kita kering, kelenjar minyak yang ada pada tubuh akan otomatis aktif untuk memproduksi minyak secara berlebih dan akan memicu timbulnya jerawat. Adapun jenis jerawat yang muncul karena dipicu oleh sinar matahari (plus bahan kimia), yaitu jerawat Aestivalis. Jenis jerawat pada umumnya ini baru akan muncul di rentang usia 25 – 40thn.

Baca Juga  3 Kebiasaan Bikin Muncul Penuaan Dini

Karena itu, penting sekali untuk mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari berlebih agar tidak memicu jenis jerawat ini muncul

Itu dia 6 dampak buruk yang terjadi padu kulit bila kamu jarang menggunakan sunscreen. Semoga informasinya bermanfaat untukmu!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *