Ingin Ginjal Sehat, Ini 5 Makanan yang Bagus untuk Kesehatannya

5 Makanan yang Bagus
Kubis adalah satu sayuran yang baik buat kesehatan ginjal. (foto: istimewa/selebgram.met)

Selebgram.net – Ginjal salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi penting. Jika ginjal tidak berfungsi secara optimal, limbah dan kelebihan cairan dapat menumpuk di tubuh yang mengakibatkan berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit ginjal kronis. Maka dari itu, kesehatan ginjal perlu dijaga. Nah ini 5 makanan yang bagus untuk kesehatan ginjal:

1. Kubis

Kubis adalah sayuran silangan dan sumber vitamin C yang sangat baik, yang dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, rendah kalium, natrium dan fosfor tetapi tinggi serat.

Makan-makanan tinggi serat dapat membantu mengatur usus, mengurangi kadar kolesterol jahat dan menjaga berat badan yang sehat.

2. Bluberi

Blueberi adalah salah satu makanan sehat karena tingkat antioksidan yang tinggi, blueberi dianggap sebagai buah super dan dapat membantu mengontrol gula darah, mengurangi risiko beberapa jenis kanker, meningkatkan kesehatan otak dan melindungi jantung.

Baca Juga  Waspada Gejala Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak di Indonesia

Blueberi rendah potasium, kalsium dan sodium, jadi aman dikonsumsi meski menderita batu ginjal atau transplantasi ginjal.

3. Cabai Pedas

Pecinta makanan pedas, tidak perlu menghindarinya jika memiliki penyakit ginjal. Capsaicin, senyawa yang memberi panas pada cabai, meningkatkan aliran darah yang dapat mempercepat penyembuhan dan melindungi dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Capsaicin juga menyebabkan tubuh membakar lebih banyak kalori dan mengurangi nafsu makan, menjadikannya ideal untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan.

4. Paprika

Jika lebih suka paprika manis daripada pedas, tetap bisa menikmatinya sebagai bagian dari diet sehat ginjal.

Paprika kaya akan vitamin C penambah kekebalan, yang sangat penting karena penyakit ginjal dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga  Jarang Diketahui, Ini Perbedaan Parfum EDP, EDT, dan Cologne

Antioksidan dalam paprika termasuk vitamin C dan E dan beta-karoten juga dapat membantu melindungi dari penyakit jantung dan kanker.

Paprika merah sangat kaya akan capsanthin, polifenol yang memberi warna merah dan dapat membantu mencegah diabetes, obesitas, dan kolesterol tinggi.

5. Putih Telur

Protein memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh, termasuk membangun otot, memperbaiki jaringan dan melawan infeksi. Tetapi terlalu banyak protein bisa berdampak buruk bagi penderita penyakit ginjal.

Ginjal mungkin tidak dapat menyaring kelebihan limbah yang terakumulasi dalam darah saat tubuh mengkonsumsi makan banyak protein.

Putih telur adalah cara yang bagus bagi orang yang memiliki masalah ginjal untuk mendapatkan jumlah protein yang tepat. Mereka rendah potasium dan fosfor dan tinggi protein.

Baca Juga  Ngiler Bisa Bahaya? Ini Cara Mengurangi Ngiler saat Tidur

Itulah 5 Makanan yang bagus untuk kesehatan ginjal, silahkan mencobanya***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *