Ingin Menerapkan Gaya Hidup Vegan? Ini Tips Memilih Makanan dari Pakar IPB

Selebgram.net – Masyarakat saat ini mulai banyak yang menerapkan gaya hidup vegan. Imbasnya, banyak produk makanan vegan yang memasuki pasaran.  Bersumber dari situs Institut Pertanian Bogor (IPB), tidak semua industri pangan berani untuk memberi klaim vegan pada produknya.

Sebab, produk vegan harus dibuat sesuai dengan persyaratan yang sangat ketat yang ditetapkan untuk diet vegan.  Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB University Prof Nuri Andarwulan memberikan tips cara memilih bahan pangan untuk produk vegan yang lebih baik.

Ia menyebutkan, klaim produk vegan juga memiliki peraturan yang jauh lebih ketat daripada produk pangan lainnya. Terlebih, produk hewani memiliki karakteristik khusus yang sulit digantikan oleh produk berbasis tumbuhan. Berdasarkan Komisi Vegan Eropa, ada tiga prinsip dasar sebagai batasan minimum suatu produk yang dapat diklaim sebagai vegan.

Baca Juga  Kedekatan Lisa dan V Jadi Perbincangan Netizen Korea

Batasan minimal tersebut adalah:  Tidak boleh mengandung produk asal hewani Tidak boleh terdapat kontaminasi silang dengan produk berbahan dasar hewani Tidak boleh menggunakan hewan coba untuk uji coba produk Saat ini di Indonesia masih belum ada acuan tersendiri untuk perijinan label pangan olahan dengan klaim vegan. Dalam memilih bahan pangan berbasis tumbuhan untuk produk vegan juga membutuhkan seleksi yang hati-hati.   “Bahan utamanya harus plant based dan mampu memberikan sifat fungsional dan cita rasa top level  yang sebanding dengan produk telur, produk dairy, maupun produk hewan lainnya,” kata Prof Nur Andarwulan, dikutip dari situs IPB.

Bahan pengganti produk hewani untuk makanan vegan Peneliti SEAFAST Center IPB University itu mengatakan, telur memegang kunci dalam produk baking karena karakteristiknya yang luar biasa. Salah satu bahan pangan pengganti yang disarankan adalah flaxseed.  “Biji yang diakui dunia sebagai superfood ini biasa tumbuh di daerah sub tropis seperti Amerika, Eropa Selatan, dan India. Flaxseed memiliki kandungan zat gizi luar biasa, bahkan dari segi jumlah protein dapat mengalahkan telur. Walau ternyata dari segi profil proteinnya sangat berbeda,” ujar Prof Nuri Andarwulan. Komposisi gizi pada flaxseed jarang ditemukan pada biji-bijian lain. Pasalnya, biji ini memiliki fungsionalitas luar biasa terutama pada kandungan non gizi yakni lignan.

Baca Juga  Ungkapkan Kekesalan, Olivia Rodrigo Memaki Hakim Mahkamah Konstitusi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.