Ini Cara Meditasi sebelum Tidur yang Bisa Atasi Insomnia

Ilustrasi tidur. (Shutterstock/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Sulit tidur atau insomnia sering dialami orang dewasa. Kondisi ini sebaiknya segera diatasi karena dapat membuat seseorang sulit konsentrasi dan mudah lelah, sehingga bisa mengganggu aktivitas maupun produktivitas. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan meditasi sebelum tidur.

Meditasi sebelum tidur dipercaya bisa mengurangi stres yang sering kali memicu insomnia. Teknik relaksasi ini dapat menenangkan pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidur pun bisa lebih pulas. Dilansir dari laman Aladokter.com berikut cara meditasi sebelum tidur:

Meditasi sebelum tidur bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, serta tidak membutuhkan peralatan khusus. Anda hanya memerlukan ruangan yang tenang agar bisa fokus melakukan meditasi. Jika sudah berada di ruangan yang tenang, Anda dapat menerapkan cara meditasi sebelum tidur berikut ini:

Baca Juga  Ternyata, Ini 4 Manfaat dari Kegiatan Rekreasi!

Ambil posisi yang nyaman, baik duduk atau berbaring.

Tutup mata Anda.

Atur pernapasan dengan tarik napas dalam selama 5 detik, lalu embuskan secara perlahan selama 5 detik pula.

Lakukan secara berulang.

Usahakan untuk memfokuskan pikiran pada gerakan dan irama napas. Setiap kali pikiran Anda mulai beralih ke hal lain, kembalikan fokus Anda pada aliran udara dan gerakan pernapasan.

Bila Anda belum pernah mencoba meditasi sebelumnya, cukup lakukan meditasi secara singkat, yaitu selama 3–5 menit sebelum tidur. Setelah terbiasa, Anda bisa memperpanjang waktu meditasi menjadi 15–20 menit atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Manfaat Meditasi Sebelum Tidur

Manfaat meditasi sebelum tidur yang paling utama adalah meningkatkan kualitas tidur. Namun, tidak hanya itu. Ada manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari kebiasaan ini, yaitu meningkatkan produksi melatonin yaitu hormon tidur, mengurangi rasa sakit, meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan fokus, mengontrol tekanan darah, menjaga kesehatan jantung.***

Baca Juga  Cara Mengatasi Mata Lelah, Yuk Coba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *