Ini Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Shutterstock/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net– Sakit tenggorokan merupakan kondisi saat tenggorokan terasa nyeri, tidak nyaman, gatal, atau kering. Keluhan itu sering kali menjadi gejala dari kondisi medis atau penyakit tertentu, misalnya faringitis, radang amandel, laringitis, dan GERD.  Tenggorokan yang sakit biasanya disertai gejala lain, seperti hidung tersumbat, pilek, batuk, demam, sensasi terbakar, pembengkakan kelenjar di leher, sulit menelan, dan kehilangan nafsu makan. Sakit tenggorokan bisa diobati dengan berbagai cara. Ada cara alami maupun medis.  Dilansir Alodokter.com, berikut ini adalah cara mengobati sakit tenggorokan yang bisa Anda lakukan:

Air garam

Dengan air garam sakit tenggorokan dan bengkak bisa mereda. Tak hanya itu air garam juga bisa mengencerkan dahak. Berkat manfaatnya ini, air garam sering digunakan untuk meredakan rasa tidak nyaman saat tenggorokan terasa sakit. Cara mengobati sakit tenggorokan dengan garam cukup mudah. Campurkan 1/2 sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Aduk hingga garam larut, kemudian berkumur selama beberapa detik. Ludahkan dan ulangi beberapa kali setiap hari hingga rasa sakit tenggorokan berkurang.

Baca Juga  Baik untuk Kesehatan Mata, Hindari Kebiasaan Ini

Madu

Madu dapat meredakan iritasi dan sakit tenggorokan. Madu juga memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang dapat melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Dalam memanfaatkan madu untuk mengobati sakit tenggorokan cukup mengonsumsi 2 sendok teh sebelum tidur. Madu juga bisa dikonsumsi langsung atau ditambahkan pada minuman hangat, misalnya teh.

Teh hitam hangat

Teh hitam hangat juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Teh hitam mengandung senyawa tanin yang bermanfaat untuk meredakan pembengkakan, sehingga mengurangi ketidaknyamanan saat sakit tenggorokan. Sebisa mungkin jangan gunakan air panas karena dapat memicu iritasi tenggorokan dan justru membuat rasa sakit bertambah parah.

Larutan baking soda

Berkumur dengan larutan baking soda yang dicampur sedikit garam juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Cara ini dipercaya mampu membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur di mulut maupun tenggorokan. Cara membuat larutan baking soda cukup dengan mencampurkan 1 gelas air hangat, 1/4 sendok teh baking soda, dan sejumput garam. Berkumurlah selama beberapa menit dan ulangi setiap 3 jam sekali.

Baca Juga  Chef Vindy Lee Bagikan Cara Makan Salak Agar Tetap Anggun

Konsumsi obat-obatan medis

Bila berbagai cara alami di atas tidak efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan yang dialami, penggunaan obat medis pun bisa menjadi pilihan. Namun, penggunaannya perlu disesuaikan dengan penyebabnya sehingga sering kali memerlukan pemeriksaan dokter lebih dulu.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *