Jangan Ditahan, Ya! Ini 5 Manfaat Menangis

Ilustrasi menangis. (Pexels.com/Andrea Piacquadio/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net– Menangis merupakan kegiatan yang dilakukan manusia untuk meluapkan emosi berupa kesedihan, kebahagiaan atau pun kegembiraan. Tak hanya itu, tekanan hidup semakin banyak membuat seseorang ingin meneteskan air mata saking tertekannya. Namun, banyak orang yang memilih untuk menahan nangis. Padahal menangis memiliki sejumlah manfaat. Dilansir Your Say Suara.com dari Medical News Today berikut manfaat atau keuntungan menangis.

Menyembuhkan Rasa Sakit

Mengeluarkan air mata secara emosional bisa membantu melepaskan oksitosin dan endorfin dalam tubuh. Pernahkan ketika sudah menangis rasanya ada sesuatu yang berat hilang dari diri kita? Menangis bisa membuat perasaan jadi lega setelahnya.

Membuat Mood Lebih Baik

Biasanya setelah menangis kita akan melupakan perasaan memuakkan yang sebelumnya sangat mengganggu mood kita. Maka dari itu tiap selesai menangis, biasanya seseorang menjadi lebih baik dan bersemangat.

Baca Juga  Tak Sekedar Melepas Penat, Ini 4 Manfaat Mendengarkan Musik

Membantu Tidur

Kalau seseorang mengalami insomnia karena stres dan overthinking, setelah menangis dia akan bisa lebih mudah tertidur. Seperti halnya seorang bayi yang seringkali perlu menangis keras-keras agar bisa tidur lebih nyenyak setelahnya. Hal itu karena menangis juga bisa membuat seseorang merasa lebih tenang.

Melawan Bakteri

Mata kita bekerja setiap hari. Bakteri yang menodai mata pun tak bisa dihindari. Dengan menangis, bakteri-bakteri yang hinggap pada mata kita pun ikut terseret keluar bersama air mata yang mengalir.

Meningkatkan Penglihatan

Tiap kali seseorang mengedip saat menangis, air mata yang memupuk bisa membantu melembabkan mata. Karena hal itu, penglihatan kita pun menjadi lebih jernih dan jelas.***

Baca Juga  Jangan Ditahan! Ini 5 Manfaat Menangis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *