Jarang Diketahui, 4 Manfaat Mengonsumsi Jus Wortel

Jus wortel
Jus wortel. (Istimewa/Selebgram.net)

Selebgram.net – Selain dijadikan sebagai sayuran pendamping makanan pokok, manfaat jus wortel banyak karena memiliki kandungan gizi serta antioksidan yang tinggi.

Berdasarkan data dari United States Department of Agriculture’s, menjelaskan bahwa dalam 1 cangkir jus wortel memiliki kandungan mineral kalium sebesar 689 mg, vitamin C sebesar 20 mg, vitamin A sebesar 36,6 mcg serta vitamin K sebesar 36,6 mcg.

Disamping itu terdapat pula kandungan serat sebesar 1,89 gr, dan kalori sebesar 90 kal. Selain zat gizi, jus wortel juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, yaitu beta karoten.

Lantas, apa saja manfaat yang akan didapat bagi tubuh ketika mengonsumsi jus wortel? Yuk simak :

Baca Juga  Alami Cedera Wajah Saat Syuting Drakor, Moon Sang Min Dioperasi

1. Mencegah Kanker Perut

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, dengan mengonsumsi jus wortel dapat menurunkan resiko terjadinya kanker perut sebesar 22%. Hal itu disebabkan karena adanya antioksidan beta karoten serta vitamin C yang terkandung dalam jus wortel tersebut.

2. Membantu dalam Terapi Leukimia

Hasil penelitian menunjukkan adanya peran jus wortel dalam terapi penyakit leukimia, yaitu menyebabkan sel – sel leukimia merusak diri sendiri dan menghentikan siklus pertumbuhan sel nya. Meski begitu, jus wortel hanya bersifat untuk membantu dalam pengobatan, bukan sebagai pilihan utama dalam pengobatan.

3. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Berdasarkan studi penelitian pada tahun 2012 yang melibatkan responden wanita untuk mengonsumsi 8 ons jus wortel selama 3 minggu, mendapatkan hasil bahwa jus wortel dinilai mampu untuk menurunkan tingkat stres oksidatif yang menjadi pemicu kanker payudara karena adanya antioksidan yang terkandung dalam jus wortel.

Baca Juga  Cedera Saat Syuting, Han So Hee Dilarikan ke UGD

4. Menurunkan Resiko Penyakit Paru Obstruktif

Penyakit paru obstruktif biasanya terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan merokok tembakau setiap harinya. Jus wortel memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C, vitamin A, serta retinol yang mampu untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit paru obstruktif tersebut.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *