Jarang Diketahui, Ini 7 Ekspresi Wajah yang Menimbulkan Keriput Lebih Cepat

Menimbulkan Keriput
Ekspresi Cemburut Jadi Salah Satu Pemicu Datangnya Keriput Terlalu Dini di Wajah. (honestdoc/Selebgram.net)

Selebgram.net – Keriput pada wajah menjadi hal yang menakutkan bagi setiap orang, khususnya para wanita. Kulit yang berkerut dinilai mengurangi kecantikan mereka. Ada banyak penyebab yang dapat menimbulkan keriput mincul lebih dini.

Seringkali orang salah mengira usia orang lain karena munculnya keriput yang lebih dini dibanding dengan usianya. Keriput biasanya muncul akibat proses penuaan yang membuat tubuh lebih lambat memperbaharui sel-sel kulit.

1. Cemberut

Siapa yang suka ngambek dan cemberut kalau ada hal yang tidak disukai? Hati-hati, terlalu sering cemberut pun bisa membuat wajahmu cepat keriput.

Dikutip everydayhealth.com, Jessica Wu yang merupakan seorang profesor klinis dermatologi di sekolah kedokteran University of Southern California mengatakan kemarahan membuat otot-otot wajah tegang. Seiring waktu, hal itu menimbulkan garis-garis kerutan pada wajahmu.

Baca Juga  Apa Perbedaan Sunblock dan Sunscreen? Inidia Penjelasannya

2. Sering menaikan alis

Terkadang jika orang sedang malas menyapa balik maka ia hanya akan sekadar menaikkan alis. Ternyata kebiasaan ini bisa menimbulkan keriput pada area dahi lho.

Dikutip facecliniclondon.com, keriput dahi disebabkan oleh aksi otot frontalis di dahi. Otot ini berkontraksi saat kita mengangkat alis. Peningkatan otot frontalis menarik kulit dahi ke atas dan menyebabkan kerutan dahi yang muncul sebagai garis-garis di dahi kita..

3. Menangis

Seperti halnya cemberut, menangis juga sangat membebani wajah dan dapat menyebabkan kerutan karena alis yang berkerut berulang-ulang. Dokter Wu juga mengatakan penelitian sekarang menunjukkan bahwa ekspresi wajah memiliki efek yang kuat pada kulit.

Baca Juga  Alasan Aldi Taher Unggah Momen Baca Al-Quran di Medsos

4. Ekspresi marah

Ketika seseorang sedang marah maka tanpa disadari akan menimbulkan garis di dahi. Jika ia sering marah-marah, maka garis yang muncul di dahi akan semakin dalam dan permanen yang membuat seseorang terlihat lebih tua karena munculnya keriput dini.

5. Menyipitkan mata

Ketika dihadapkan pada ruangan yang terlalu terang atau banyak sinar matahari, maka seseorang akan menyipitkan matanya. Kondisi ini melibatkan kontraksi dari otot-otot yang ada di dahi sehingga memicu keriput.

Selain ekspresi wajah, beberapa hal lain juga turut menjadi pemicu munculnya keriput lebih cepat seperti merokok (mengurangi perkembangan dari kolagen baru) serta terkena sinar matahari kronis akibat tidak menggunakan pelindung sinar UV.

6. Manyun

Baca Juga  4 Penyebab Utama Skin Barrier Rusak, Sering Terkena Sinar Matahari

Beberapa tahun lalu sempat muncul tren duck face yang mengekspresikan wajah manyun layaknya bebek. Hal itu bisa menyebabkan kerutan lho karena otot sekitaran bibir berkontraksi cukup kuat.

Dikutip nowcosmetic.co.uk, merokok pun membuat bibir berpose manyun yang tentunya dapat menciptakan kerutan sekitar mulut.

7. Senyum

Beberapa bintang dunia seperti Kim Kardashian dan Victoria Beckham sempat secara tersirat menyebut mereka jarang tersenyum untuk menghindari kerutan. Ternyata hal itu benar adanya.

Dilansir goodhousekeeping.com, Mona Gohara, M.D. seorang profesor dermatologi klinis di Yale University mengatakan tersenyum dapat memberi kerutan pada wajah. Saat kamu berulang kali menggunakan otot-otot wajah untuk tersenyum kamu pasti akan mulai memperhatikan beberapa garis yang muncul di sekitaran wajah.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *