Ketahui 4 Dampak Buruk Jarang Mandi, Jangan Malas!

jarang mandi
Ilustrasi. (Harakahdaily/Selebgram.net)

Selebgram.net – Mandi sehari dua kali merupakan aktivitas yang wajib bagi sebagian besar orang. Namun, hal ini ternyata tidak berlaku bagi beberapa individu yang lain yang jarang mandi.

Terutama pada orang-orang yang lebih dominan beraktivitas di dalam ruangan dan tempat tinggalnya cenderung beriklim dingin atau basah.

Beralasan rasa dingin, menyentuh air pun menjadi sebuah tantangan tersendiri dan berat melawan rasa malas. Dilansir dari channel YouTube dr. Clarin Hayes, berikut 5 dampak negatif kalau kamu jarang mandi :

1. Bau Badan

Sudah bukan rahasia lagi. Dampak yang paling terlihat dan tercium oleh indera manusia jika jarang mandi adalah aroma tubuh.

Manusia merupakan makhluk hidup yang aktivitasnya tentu mengeluarkan keringat atau zat lain dari tubuh, akibat organ dalam yang beraktivitas juga.

Baca Juga  Bikin Kecanduan, Waspada Dampak Buruk Selfie

Campuran keringat, polusi udara, dan macam zat lain tentunya tidak akan hilang hanya dengan memakai parfum sebotol.

2. Masalah Kulit

Yang perlu diingat, jerawat tidak hanya tumbuh di wajah saja. Tapi sangat memungkinkan untuk tumbuh di area-area tubuh yang lain. Misalkan area punggung, area sela-sela tubuh seperti dada, selangkangan, belakang telinga, dan lain sebagainya.

Jerawat mudah tumbuh di area tubuh yang berkeringat dan tertutup. Selain jerawat, jarang mandi juga akan menimbulkan masalah kulit lain seperti jamur, panu, kadas, kurap dan lain sebagainya.

3. Penyakit Kelamin

Area intim merupakan area tertutup yang paling rentan terhadap kuman. Memiliki fungsi sebagai tempat pembuangan sisa metabolisme tubuh, tak ayal jika bagian ini tentu cenderung lembab dan menjadi area yang wajib dibersihkan.

Baca Juga  Ariel NOAH Beri Tanggapan Aksi Ray Prasetya Cium BCL, "Konsep Itu"

Belum lagi area intim selalu menjadi bagian yang akan selalu ditutupi, keringat pun akan terjebak dan jika terlalu lama bisa menimbulkan bau tak sedap dan permasalahan kelamin yang lain. Oleh karena itu, pentingnya mandi juga untuk penjagaan diri dari penyakit kelamin.

4. Permasalahan Kulit Kepala dan Rambut

Tidak hanya masalah pada tubuh dan kelamin, jarang mandi juga akan berdampak pada bagian kepala yang cenderung terpapar area luar. Entah itu polusi, sinar matahari, hingga asap dan angin yang entah membawa apa dan terjebak di rambut kita.

Oleh karena itu, keramas secara rutin perlu dilakukan agar rambut tidak rusak, lepek, berketombe, korengan, dan lain sebagainya.***

Baca Juga  Nathalie Holscher dan Sule Resmi Bercerai

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *