Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Cegah Penyakit Kronis, Yuk Biasakan!

buah
Buah dan Sayuran. (Halodoc/Selebgram.net)

Selebgram.net – Makan 400 gram buah dan sayuran setiap hari dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, stroke, dan demensia.

Peneliti bahkan mengungkapkan jumlah konsumsi buah dan sayur tersebut ke dalam lima porsi sehari, dan hal ini sudah menjadi pesan kesehatan masyarakat yang dominan selama beberapa dekade.

Seperti dilansir dari laman Eating Well, Senin, 24 Oktober 2022, berikut sejumlah manfaat dari mengonsumsi buah dan sayur :

1. Turunkan Resiko Penyakit Jantung

“Bukti terkuat tentang manfaat buah dan sayuran adalah mengenai pencegahan penyakit kardiovaskular,” ujar Taylor Wallace, Ph.D., kepala ilmuwan makanan dan nutrisi untuk Produce for Better Health Foundation.

Studi International Journal of Epidemiology menemukan orang yang makan sekitar enam porsi buah dan sayuran sehari 16 persen, lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat penyakit jantung koroner dibandingkan orang yang makan kurang dari 1 ons setiap hari.

Baca Juga  Bantah Rumor Nam Joo Hyuk, Dispatch Wawancara Guru dan Teman Sekolah

“Salah satu alasan besar adalah bahwa serat larut dalam produk dapat membantu memblokir reabsorpsi kolesterol dari usus dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah,” jelas Edward Giovannucci, profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard TH.

2. Kurangi Resiko Stroke

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa makan 7 porsi buah dan sayur sehari dapat mengurangi risiko stroke mulai dari 10 persen hingga 19 persen.

Ini sebagian berkat kalium. Produk menyediakan lebih banyak mineral penurun tekanan darah ini daripada kelompok makanan lainnya, dan tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk stroke.

3. Tingkatkan Kesehatan Otak

Tinjauan sistematis Nutrients tahun 2020 menyimpulkan bahwa mengonsumsi lima porsi atau lebih setiap hari terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik, terutama lebih sedikit depresi.

Baca Juga  Suami Heboh Diisukan Selingkuh, Ayu Dewi Unggah Ini

4. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan yang tidak diinginkan sama pentingnya dengan apa yang Anda makan dan apa yang tidak Anda makan.

Dalam sebuah penelitian, peserta yang melaporkan makan sembilan porsi produk sehari, 74 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menambah berat badan selama satu dekade dibandingkan mereka yang mengonsumsi setengah dari jumlah itu.

5. Bisa Memperpanjang Usia

Tidak ada pil yang bisa mendekati campuran vitamin, mineral, serat, dan 5.000 lebih senyawa bioaktif yang ditawarkan buah dan sayuran.

Tidak heran mereka mungkin membantu Anda hidup lebih lama, kata sebuah penelitian baru -baru ini yang melacak kebiasaan makan 108.735 orang selama tiga dekade.

Baca Juga  Tasya Kamila Hamil Anak Kedua, Arrasya Jadi Kakak

Mereka yang mengonsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayuran non-tepung setiap hari menikmati umur panjang terbesar, mengurangi kemungkinan kematian dini dari kondisi seperti kanker, penyakit kardiovaskular dan penyakit pernapasan.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *