Konsumsi Buah Ini untuk Atasi Radang Tenggorokan 

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Shutterstock/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net  Radang tenggorokan merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri, gatal, dan rasa sakit saat menelan. Penyebab faringitis atau radang tenggorokan karena virus, seperti Influenza, Rhinovirus dan Epstein-Barr. Radang tenggorokan juga bisa dipicu infeksi bakteri Streptococcus grup A yang disebabkan oleh bakteri dan biasanya berlangsung lebih dari seminggu serta butuh pengobatan dari antibiotik. Nah, untuk mengatasi radang tenggorokan sebagaimana dilansir laman Halodoc.com, coba konsumsi buah berikut ini:

Delima

Buah delima mengandung kalsium, kalium, fosfor, asam folat, zat besi, protein, dan vitamin C, B kompleks serta K. Guna membantu memulihkan gejala radang tenggorokan.

Pisang

Pisang mengandung serat, kalsium, fosfor, protein, lemak dan energi. Buah ini juga bertekstur lembut, sehingga lebih mudah ditelan.

Baca Juga  4 Tips Memperbaiki Kesehatan Mental, Berbicara dengan Orang Lain

Alpukat

Alpukat mengandung folat, kalium, zat besi dan vitamin C, K, E serta B6. Kombinasi dari nutrisi yang disebutkan bersifat antiperadangan. Dengan begitu, gejala berupa rasa nyeri, batuk, suara serak dan gatal tenggorokan bisa diatasi.

Naga

Buah naga mengandung antioksidan yang dapat mengusir sekaligus menetralkan radikal bebas dari dalam tubuh. Zat tersebut menyebabkan kerusakan sel yang dapat memicu peradangan, termasuk radang tenggorokan. Antioksidan dalam buah naga kuat, seperti vitamin C, betalains dan karotenoid, yakni beta-karoten serta likopen. Nutrisi yang terkandung di dalam buah ini efektif mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Pepaya

Pepaya mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu mengurangi gejala peradangan pada tubuh. Manfaatnya juga dibantu oleh nutrisi berupa vitamin C, serat, kalsium, folat, potasium dan magnesium.

Baca Juga  Harus Tahu! Ini 4 Cara Melatih Skill Leadership

Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang kuat. Gabungan dari kedua nutrisi tersebut efektif menurunkan gejala peradangan pada tubuh. Guna melegakan tenggorokan, disarankan untuk mencampur lemon dengan air hangat dan madu.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis bersifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi radang tenggorokan akibat bakteri. Namun, tidak disarankan mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Sebab, tingkat keasaman yang tinggi berpotensi merusak email gigi serta memicu peningkatan asam lambung bagi pengidap maag dan GERD.

Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain, yakni senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri akibat radang tenggorokan. Di dalamnya juga terdapat antioksidan dan vitamin C yang efektif menangkal radikal bebas penyebab peradangan dalam tubuh.***

Baca Juga  5 Tips Mudah Hilangkan Sifat Boros, yuk Dicoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *