Mau Belanja Hemat? Yuk Terapkan 5 Hal Ini!

belanja
Ilustrasi. (Rencanamu/Selebram.net)

Selebgram.net – Uang belanja harus diperhatikan dengan baik. Terlebih lagi dengan adanya perkembangan teknologi membuat kegiatan satu ini menjadi lebih mudah dan murah. Tanpa harus keluar rumah, kita bisa memiliki barang yang kita impikan.

Pembayaran juga dapat dilakukan dengan sistem online atau bayar di tempat yang tentunya sangat praktis. Namun dibalik kemudahan berbelanja sekarang ini ada dampak negatifnya yang perlu kita waspadai.

Berbagai kemudahan tersebut sering membuat kita berbelanja banyak barang yang menghabiskan banyak uang tanpa kita sadari.

Oleh karena itu, selalu ingatkan diri untuk membelanjakan uang dengan bijak. Selain itu masih ada beberapa cara untuk menghemat uang saat berbelanja.

Simak cara menghemat uang saat berbelanja berikut ini dirangkum dari Yoursay, Senin 20 Juni 2022 :

Baca Juga  Ingin Menerapkan Gaya Hidup Vegan? Ini Tips Memilih Makanan dari Pakar IPB

1. Gunakan kupon

Menggunakan kupon bisa menjadi cara yang bagus untuk menghemat uang saat belanja. Terlebih sekarang ini banyak toko yang menyediakan kupon bagi pelanggannya.

Kita juga bisa berburu kupon di berbagai toko online yang banyak bertebaran. Dengan cara ini maka kita bisa membeli barang dengan harga murah untuk menghemat uang.

2. Cek diskon atau cuci gudang

Pada saat diskon atau cuci gudang tentunya pihak toko akan memberikan barang dengan harga yang lebih murah.

Biasanya toko akan memberikan diskon ini secara berkala satu bulan sekali atau setahun sekali, tergantung pihak tokonya. Selain itu ada juga event tertentu yang membuat toko memberikan promosi dengan diskon seperti ini.

Baca Juga  Bibir Hitam? Yuk Coba 3 Tips Ini untuk Mencerahkannya

3. Beli dalam jumlah besar

Membeli barang dalam jumlah besar bisa menjadi cara yang bagus untuk menghemat uang, terutama barang yang sering kita butuhkan.

Barang-barang seperti tisu toilet dan sabun adalah contoh barang yang sering dibutuhkan. Maka tak salah membeli barang demikian dalam jumlah besar.

Namun perlu diingat, barang yang dibeli tersebut hendaknya yang sering dibutuhkan untuk mencegah pemborosan dan kerusakan produk jika tidak segera digunakan.

Dibandingkan dengan mengecer kita akan mendapat harga yang lebih hemat dengan membeli dalam jumlah besar.

4. Berbelanja barang second

Berbelanja barang second atau barang yang pernah dipakai akan sangat menghemat uang. Kita bisa memilih barang mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, hingga furnitur dengan harga yang jauh lebih murah dari harga barang baru.

Baca Juga  Anti Gagal, Ini 4 Tips Menabung yang Harus Diterapkan!

Terlebih lagi saat ini membeli barang bekas pakai atau thrift memang tengah populer. Namun harus tetap cermat untuk membeli barang second. Perhatikan dengan teliti barang tersebut, apakah ada kekurangan yang signifikan.

5. Bandingkan harga

Kita dapat membandingkan harga untuk barang yang sama di toko yang satu dengan toko yang lain. Apalagi dengan adanya toko online sekarang ini akan sangat memungkinkan kita untuk melakukannya.

Dengan membandingkan harga, kita akan mendapatkan harga terbaik dan tentunya lebih murah dan hemat.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.