Mau Panjang Umur? Hindari Lakukan 5 Kebiasaan Ini

panjang umur
Ilustrasi. (Alodokter/Selebgram.net)

Selebgram.net – Menjalani pola hidup sehat dan berkualitas merupakan salah satu upaya panjang umur. Menurut catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, harapan hidup rata-rata saat ini adalah 77 tahun.

“Kebiasaan buruk dapat mengurangi tahun dari umur kita,” ujar seorang profesor kesehatan masyarakat di New Mexico State University, dr Jagdish Khubchandani.

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, berikut lima hal yang harus segera dihentikan jika ingin memperpanjang umur sekaligus hidup sehat dan berkualitas.

1. Hindari Duduk Lama

Khubchandani mengungkapkan, saat ini banyak orang menjalani kehidupan lebih “menetap” dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Survei Penggunaan Mau Panjang Umur? Hindari Lakukan 5 Kebiasaan IniWaktu Amerika terbaru menunjukkan bahwa orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk.

Baca Juga  Alasan Aldi Taher Unggah Momen Baca Al-Quran di Medsos

Mereka biasanya makan siang di meja, bekerja dari kantor, menonton TV, menggunakan media massa dan sosial, dan rekreasi.

Studi terbaru menunjukkan bahwa duduk berlebihan dalam jangka waktu lama dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

2. Makan Terlalu Banyak dan Tidak Sehat

Dr Khubchandani menjelaskan, makanan adalah obat, tetapi manusia juga cenderung menggunakan makanan untuk mengatasi stres, merayakan sesuatu, dan lainnya.

Asupan harian yang terlalu banyak, camilan, bertepung, dan asin, bisa mengakibatkan masalah jangka panjang seperti obesitas dan kontrol gula darah yang buruk.

Akibatnya, individu dapat menderita diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, dan kanker. Penyebab umum sehari-hari adalah minuman manis, keripik, dan kue.

Baca Juga  Tayang Bulan Depan, J-Hope BTS Rilis Film Dokumenter

3. Stres

Dr Khubchandani menjelaskan, stres bisa jadi salah satu kematian. “Baik stres maupun isolasi adalah silent killer,” jelasnya.

Ada individu mengalami stres setiap hari. Mereka terisolasi atau memiliki kebosanan yang terus-menerus, selalu pesimistis hingga akhirnya mengembangkan penyakit arteri koroner, diabetes, Alzheimer, dan berbagai masalah kesehatan fisik lainnya.

Setiap hari, seseorang harus memiliki rencana hidup, jadwal, teknik manajemen stres yang tergabung dalam rutinitas, cuti untuk bersosialisasi dan bertemu keluarga, teman, dan berolahraga.

4. Hindari Konsumsi Alkohol, Tembakau dan Narkoba

Tidak dimungkiri fenomena penggunaan alkohol, rokok, dan narkoba, tetap meningkat. Penggunaannya sudah pasti punya potensi kecanduan dan risiko kesehatan jangka panjang.

Baca Juga  Disapa Vincent Rompies, Petugas Bandara Cantik Dibuat Salting

Saat ini, merokok tetap menjadi penyebab utama penyakit yang dapat dicegah, kecacatan, dan kematian di Amerika Serikat.

Penggunaan alkohol dikaitkan dengan penyakit jantung, strok, dan kecelakaan.

Setiap kali seseorang menggunakan tembakau atau obat lain, ada gangguan pada paru-paru, jantung, dan otak.

Kondisi kronis kemudian berujung pada serangan jantung, strok, dan kanker.

5. Kurang Tidur, Olahraga, dan Konsumsi Buah dan Sayuran

Dr Khubchandani menyatakan, gaya hidup dapat menjadi penyelamat atau pembunuh. CDC merekomendasikan orang dewasa tidur tujuh hingga delapan jam setiap hari.

Kemudian olahraga 150 menit setiap pekan serta konsumsi buah-buahan dan sayuran 4-5 porsi setiap hari.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *