Mau Perut Ramping? Coba 4 Gerakan Olahraga Ini

Ilustrasi Olahraga (Unsplash.com/Kike Vega/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Perut ramping alias tidak merupakan dambaan banyak orang. Namun, sayangnya lemak yang ada dalam perut terhitung sulit dihilangkan jika dibiarkan begitu saja. Selain asupan makanan yang tepat, upaya merampingkan perut buncit harus disertai dengan berbagai macam gerakan olahraga untuk mengecilkan perut. Dilansir Suara.com, ada beberapa jenis gerakan olahraga di bawah ini berguna untuk merampingkan perut simak penjelasannya.

Bicycle Crunch

Dikutip dari Orami, gerakan bicycle crunch juga dapat membentuk otot perut sebab perut banyak menjadi pusat gerakan. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

Tubuh telentang di atas matras, kedua tangan di belakang kepala. Lalu tekuk kaki kiri sedangkan kaki kanan lurus mengambang. Bawalah siku kanan bertemu kaki kiri dan sebaliknya.

Baca Juga  Catat! Jadwal Imsak dan Buka Puasa Rajab 2023 Jabodetabek

Gerakan ini sering disebut bicycle crunch. Gerakannya seperti sedang mengendarai sepeda dan digabungkan dengan gerakan crunch yakni menekuk badan serta otot perut.

Plank

Plank dapat melatih otot yang mengelilingi perut dan membantu membentuk postur tubuh menjadi lebih baik. Berikut ini sudah ada langkah-langkah yang bisa diikuti.

Ambil posisi push up, posisikan tangan di samping kanan kiri sedangkan posisi kaki selebar bahu. Tarik nafas.Angkatlah badan, jadikan tangan dan ujung kaki untuk tumpuan.

Pastikan kepala, leher, dan punggung sejajar. Tahan tubuh dalam posisi tersebut selama 30 detik sampai 1 menit.

Latihan ini dapat dicoba dengan meningkatkan durasi  setiap set. Awali gerakannya dengan durasi 30 detik dan  tingkatkan satu menit pada set selanjutnya.

Baca Juga  6 Manfaat Akupuntur, Atasi Sakit Kepala hingga Atasi Obesitas

Sit Up

Dikutip dari Uzone, Sit up yang dilakukan secara rutin terbukti mampu merampingkan perut buncit. Olahraga ini bisa dilakukan sebelum tidur. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Duduk  di atas matras lalu angkatlah lutut hingga posisi kaki menekuk. Lalu letakkan kedua telapak tangan di belakang kepala.

Baringkan tubuh di atas matras dengan posisi kaki masih tetap menekuk. Bangunkan tubuh dan tahan kaki tetap berada di atas matras.

Latihan ini dapat dilakukan dua hingga tiga set dengan 10 kali repetisi. Namun, gerakannya harus dilakukan secara rutin agar maksimal.

Leg Raises

Dilansir dari Klik Dokter, Gerakan leg raises dikenal sebagai gerakan yang paling efektif untuk mengecilkan perut buncit. Hal ini karena otot perut menjadi tumpuan saat kaki diangkat.

Baca Juga  5 Cara Menurunkan Demam Tanpa Minum Obat

Dengan begitu lemak akan terbakar dan otot perut terbentuk dengan lebih maksimal. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Tubuh telentang di atas matras menghadap langit-langit rumah. Secara perlahan, angkat kedua kaki dengan posisi sejajar dan rapat.

Setelah posisi tubuh membentuk sudut 90 derajat, turunkan kaki perlahan ke posisi awal. Gerakan tersebut dapat diulangi beberapa kali dalam waktu satu menit.

Beberapa gerakan di atas bisa menjadi opsi olahraga yang dilakukan di rumah. Meskipun sederhana tapi jika dilakukan secara rutin gerakan tersebut mampu merampingkan perut buncit.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *