Mengenal Panic Attack yang Heboh Dikaitkan dengan Aliando Syarief

Ilustrasi sters.(Francisco Moreno/Unsplash/Suara.com)

Selebgram.net – Panic attack sempat heboh dikaitkan dengan aktor Aliando Syarief. Ia diduga kena serangan panik saat sesi wawancara. Belakangan Aliando mengaku ia bukan kena panic attack melainkan intrusive thought. 

Lalu apa itu panic attack? Serangan panik atau panic attack merupakan munculnya rasa takut atau gelisah yang berlebihan secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Panik serangan ditandai dengan detak jantung yang bertambah cepat, napas pendek, pusing, otot tegang, atau gemetar. Kondisi ini dapat terjadi kapan pun, baik saat sedang beraktivitas maupun saat beristirahat.

Mengutip Aladokter.com, serangan panik atau serangan panik terjadi sesekali dan biasanya hilang dengan sendirinya bila situasi yang memicunya berakhir. Namun, serangan panik juga dapat terjadi secara berulang dalam jangka waktu lama. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah gangguan panik.

Baca Juga  5 Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan, Jaga Tulang dan Penglihatan

Saat seseorang mengalami serangan panik, otak memerintahkan sistem syaraf untuk merespons dengan melawan atau menghindar (fight or flight). Tubuh kemudian akan menghasilkan zat kimia, seperti adrenalin, yang memicu peningkatan detak jantung, frekuensi napas, dan aliran darah ke otot.

Serangan panik muncul saat tubuh mempersiapkan respons untuk melawan atau menghindar meski tidak ada situasi yang genting atau berbahaya. Seseorang bahkan dapat mengalami kondisi ini dalam situasi yang tidak terduga, misalnya ketika sedang menonton televisi atau tertidur.

Belum diketahui secara pasti penyebab dari serangan panik. Namun, ada faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi ini, di antaranya stres berkelanjutan yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak zat kimia pemicu stres, trauma atau pengalaman yang membuat diri sangat tertekan, pengendalian amarah yang buruk sehingga lebih rentan mengalami stres, perubahan. suasana secara tiba-tiba maupun mengalami kelebihan sensorik, masalah kehidupan faktor genetik atau riwayat serangan panik dalam keluarga, perubahan tertentu pada fungsi di beberapa bagian otak, konsumsi minuman berkafein berlebihan, aktivitas fisik yang terlalu berat.***

Baca Juga  Harga Mobil Mewah di Pernikahan Sisca Kohl dan Jess No Limit Bikin Melongo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *