Ngerasa Terlalu Kurus? Nih Cara agar Berat Badan Naik

Ilustrasi berat badan. (Shutterstock/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Memiliki berat badan ideal menjadi dambaan sebagian besar orang. Sebab, kekurangan berat badan dapat memicu masalah kesehatan, mulai dari menurunkan kekebalan tubuh, mengganggu tingkat kesuburan, serta meningkatkan risiko terjadinya penyusutan massa otot dan tulang seiring bertambahnya usia. Nah, bagi yang memiliki tubuh terlalu kurus dan ingin menambah berat atau berat badan naik bisa melakukan berbagai cara sebagaimana dilansir dari Aladokter.com berikut ini.

Meningkatkan asupan kalori

Salah satu kunci untuk menaikkan berat badan dengan cepat adalah surplus kalori. Asupan kalori lebih banyak daripada kebutuhan kalori sebenarnya. Tambahkan asupan kalori sekitar 700–1000 kalori dari total kebutuhan kalori harian.

Beberapa sumber makanan tinggi kalori yang bisa dikonsumsi meliputi keju, alpukat, granola, kacang almond, dan daging tanpa lemak. Cobalah untuk tetap membatasi makanan tinggi lemak jenuh dan gula, seperti makanan cepat saji, untuk menghindari penyakit seperti diabetes dan kolesterol tinggi.

Baca Juga  Minta Doa, Vidi Aldiano Beberkan Kondisi Kesehatannya

Berolahraga secara rutin

Orang yang kekurangan berat badan tetap perlu berolahraga secara rutin untuk meningkatkan massa otot. Ini karena bertambahnya massa otot juga akan meningkatkan berat badan. Agar berat badan bertambah, lakukan olahraga yang fokus pada kekuatan otot setidaknya 2–3 hari dalam seminggu.

Meningkatkan asupan protein

Asupan protein baik untuk meningkatkan massa otot. Anda dapat mengonsumsi asupan protein sebanyak 2–3,5 gram protein per kilogram berat badan setiap harinya. Beberapa jenis makanan berprotein tinggi yang dapat dikonsumsi adalah daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Anda juga bisa mengonsumsi susu jenis whey protein untuk menambah asupan protein.

Makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur dapat menambah berat badan karena metabolisme tubuh melambat saat tidur. Hal ini memungkinkan kalori yang masuk disimpan oleh tubuh sebagai lemak. Namun, cara ini mungkin tidak cocok bila Anda menderita GERD, sebab gejala GERD bisa kambuh akibat kebiasaan makan sebelum tidur.

Baca Juga  Sebaiknya Jangan Dicuci, Ini Tips agar Telur Tetap Baik untuk Kesehatan

Konsumsi minuman tinggi kalori

Anda juga bisa mendapatkan tambahan kalori dari minuman. Pilihlah susu sapi atau jus buah tanpa tambahan gula agar berat badan cepat naik. Hindari minuman kemasan yang tinggi gula atau pemanis buatan karena dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti diabetes.

Menggunakan piring besar saat makan

Makan menggunakan piring besar dilakukan agar Anda merasa makan hanya sedikit dan akhirnya terdorong untuk makan lebih banyak. Bila dilakukan secara tepat, semua cara cepat menaikkan berat badan di atas umumnya bisa meningkatkan berat badan Anda hingga 1–1,2 kg per bulan.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *