Ngiler Bisa Bahaya? Ini Cara Mengurangi Ngiler saat Tidur

Ngiler saat Tidur
Cara Hilangkan Ngiler Saat Tidur. (idntimes/Selebgram.net)

Selebgram.net – Ngiler kerap terjadi saat kita sedang tidur pulas akibat aktiftas yang padat. Namun, mengeluarkan iler terlalu banyak bisa berbahaya. Berikut beberapa cara menghilangkan ngiler saat tidur yang bisa Anda coba.

Ngiler terjadi karena air liur terakumulasi di dalam mulut dan menetes secara tidak sadar karena otot-otot di wajah selama tidur rileks dan menyebabkan mulut terbuka.

Penyebab ngiler saat tidur juga sering dialami orang yang sedang pilek, flu, alergi, atau infeksi sinusnya kambuh. Gangguan pernapasan ini membuat hidung tersumbat sehingga mereka secara tidak sadar jadi harus bernapas lewat mulut yang terbuka, bahkan selama tidur.

Kamu juga perlu hati-hati jika intensitas ngiler yang dialami cukup tinggi karena bisa saja kamu mengalami hipersaliva atau kelebihan air liur.

Baca Juga  Terlalu Kurus? Ini Cara Menaikan Berat Badan

Berikut beberapa cara menghilangkan ngiler saat tidur yang bisa Anda coba.

1. Ubah posisi tidur

Jika kamu biasanya tidur tengkurap atau miring ke salah satu sisi, sekarang coba tidur secara telentang.

Untuk mencegah posisi berubah, letakan bantal di bagian sisi kiri dan kanan serta sisipkan guling di bawah lutut agar posisi tidur tidak berubah.

Gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu keras sehingga posisi leher cukup sejajar dengan punggung dan tulang belakang.

2. Kurangi makanan manis

Cobalah untuk membatasi makanan manis dan bergula sebagai cara menghilangkan ngiler saat tidur.

Dilansir dalam laman Verywell, banyak makan makanan manis bisa merangsang produksi air liur. Semakin banyak gula yang Anda makan, semakin banyak liur yang diproduksi dalam mulut.

Baca Juga  Es Krim Haagen-Dazs Vanilla Ditarik BPOM

3. Tingatkan kualitas tidur

Ngiler juga sering kali terjadi ketika kamu mengalami gangguan saat tidur. Gangguan tersebut bisa saja terjadi karena masalah psikologi, seperti stres yang berlebihan atau dipicu karena obat tertentu.

Selain itu, coba kamu analisis apakah selama tidur kamu mendengkur atau tidak.

Mengiler dan mendengkur menjadi indikator pertama kamu mengalami sleep apnea, yaitu gangguan pernapasan yang tidak bisa berjalan dengan baik sehingga menyebabkan kamu terbangun pada malam hari.

4. Cek obat yang sedang dikonsumsi

Ngiler juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang sedang kamu konsumsi. Misalnya, antibiotik, obat tersebut dapat menyebabkan kamu mengalami hipersaliva.

5. Posisi kepala lebih tinggi dari badan

Baca Juga  Waduh, Marshanda Ngaku Ketemu Tuhan dalam Mimpi

Usahakan untuk memposisikan kepala lebih tinggi dari tubuhmu, misal dengan menumpuk beberapa bantal. Cara ini bisa mengurangi ngiler, tapi kamu harus pastikan merasa nyaman saat berbaring di atasnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.