No Ribet-ribet, Ini 5 Tips Atasi Rambut Berminyak

Rambut Berminyak
Ilustrasi. (Istimewa/Selebgram.net)

Selebgram.net – Rambut yang berminyak membuat susah diatur dan tampak lepek tentunya membuat tidak nyaman, apalagi ketika harus berpapasan dengan rekan atau orang-orang.

Anda tidak perlu khawatir, terdapat beragam cara untuk mengatasi rambut berminyak. Cara ini cukup ampuh dan efektif dilakukan.

Dikutip dari Yoursay, penyebab rambut berminyak bisa dilatari beberapa hal, mulai dari hormon (adalah hormone androgen yang mempengaruhi produksi minyak pada kulit dan rambut), faktor genetik (faktor turunan dari orangtua ke anak), hingga kondisi medis (disebabkan oleh penyakit seperti dermatitis seboroik).

Nah, bagaimana cara mengatasi rambut berminyak? Berikut 5 cara mengatasi rambut berminyak dengan simpel dilansir dari Alo Dokter :

1. Cuci Rambut Satu Kali Sehari

Baca Juga  Jangan Dulu Panik! Ini Cara Mengatasi Tampon yang Tersangkut di Vagina

Mencuci rambut terlalu sering justru membuat kelenjar di rambut dan kulit kepala menjadi lebih banyak memproduksi minyak. Jangan sering-sering mencuci rambut. Lakukan saja paling tidak satu kali dalam sehari.

2. Sampo Khusus

Penggunaan sampo khusus membersihkan kulit kepala tanpa membuat rambut menjadi kering dan memicu produksi minyak berlebih.

Untuk mencari aman dalam penggunaan sampo khusus, Anda bisa konsultasi dengan dokter ataupun ahli kulit.

3. Produk Mengandung Lidah Buaya

Perawatan rambut dengan produk yang mengandung lidah buaya menjadi begitu penting. Tanaman lidah buaya efektif untuk mengurangi minyak di kulit kepala. Dengan penggunaan tersebut rambut akan menjadi lebih sehat.

4. Mencuci dengan Larutan Cuka

Baca Juga  5 Cara Menghilangkan Mata Panda 

Cara selanjutnya adalah dengan mencuci rambut menggunakan larutan cuka sari apel (apple cider vinegar) dan air.

Larutan ini diduga dapat menyeimbangkan kadar pH di kulit kepala, sehingga akan membuat rambut Anda menjadi sehat.

5. Membilas dengan Teh Hijau

Cara terakhir, Anda bisa membilas rambut berminyak Anda dengan teh hijau. Teh hijau mengandung zat tannin yang diduga dapat mengatasi kelebihan minyak sekaligus menutrisi kulit kepala. Penggunaan teh hijau membuat rambut Anda menjadi lebih sehat.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *