Olahraga dalam Rumah saat Musim Hujan, Apa Saja?

Ilustrasi olahraga lompat tali. (Freepik/Suara.com)

Selebgram.net  Olahraga di musim hujan menjadi hal penting untuk dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit yang mudah menyerang. Tidak harus keluar rumah, kamu bisa berolahraga di dalam rumah. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah, sebagaimana melansir Yoursay.id dari Alodokter.com, berikut ini:

Senam Aerobik

Umumnya, senam aerobik menggunakan musik sehingga kamu tidak mudah bosan dan juga bisa menikmati olahraga diiringi dengan alunan musik. Kamu dapat mencari musik yang berhubungan dengan senam aerobik di aplikasi YouTube. Selain itu, senam aerobik bermanfaat dalam meningkatkan kerja jantung serta paru-paru dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Yoga dan Pilates

Olahraga berikutnya adalah yoga dan pilates. Olahraga ini bisa kamu lakukan di dalam ruangan. Meskipun keduanya adalah latihan low impact tetapi perlu diketahui bahwa Yoga dan Pilates memiliki beberapa perbedaan. Yoga merupakan praktik kuno yang berasal dari India sejak 5.000 tahun lalu sedangkan Pilates merupakan praktik dengan metode baru yang lebih modern yang diperkenalkan oleh Joseph Pilates pada tahun 1920.

Baca Juga  6 Manfaat Akupuntur, Atasi Sakit Kepala hingga Atasi Obesitas

Awalnya Pilates digunakan untuk mengembalikan kesehatan tentara Perang Dunia I yang terluka tetapi saat ini Pilates digunakan untuk membantu mengencangkan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, Yoga menggunakan metode pernapasan perut penuh dengan menghembuskan napas melalui hidung. Sementara Pilates menuntut pola pernapasan 3 dimensi selama latihan diantaranya menarik napas melalui hidung, mengarahkan napas ke sisi tulang rusuk dan membuang napas melalui mulut.

Latihan Kekuatan Otot

Selain Yoga dan Pilates, kamu dapat melakukan latihan otot di dalam rumah. Latihan kekuatan otot merupakan latihan yang berfokus untuk menambah kekuatan dan daya tahan otot. Latihan kekuatan otot juga bisa memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kepadatan tulang serta dapat memperbaiki mood kamu lho!

Baca Juga  Ramalan Zodiak Libra Hari Ini, Minggu 13 November 2022

Ada berbagai macam latihan kekuatan yang bisa dilakukan selama musim hujan seperti push up, sit up, squat, plank, pull up di ventilasi pintu hingga angkat beban dengan dumbbell.

Lompat Tali

Skipping atau biasa disebut lompat tali. Latihan ini bisa berfungsi untuk membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah. Latihan ini juga bisa dilakukan di dalam rumah saat musim hujan lho. Selain itu, skipping juga bisa melatih koordinasi tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan ketahanan tubuh saat berolahraga.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *