Pentingnya Menabung Sebelum Lulus Kuliah, Yuk Simak!

menabung
Menabung. (Bekeluarga/Bogordaily.net)

Selebram.net – Menabung tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah bekerja. Kamu, mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi lulus juga perlu banget menyisihkan sebagian uang untuk masa depan. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini :

1. Pegangan Setelah Lulus

Saking senangnya lulus, jangan sampai lupa kalau kehidupan setelah lulus juga tidak kalah beratnya. Kebutuhan tetap harus dipenuhi tapi pendapatan minim, disaat seperti inilah tabunganmu memegang peran penting.

Kalau memiliki tabungan, kamu tidak perlu pusing atau setidaknya bebanmu menjadi sedikit lebih ringan daripada tidak ada pegangan sama sekali.

2. Membuka Usaha

Menjadi pengangguran setelah lulus memang hal yang lumrah terjadi pada fresh graduate, tapi tidak semua orang betah dengan keadaan yang seperti itu.

Baca Juga  Punya Skill Make Up Luar Biasa, Perempuan Ini Bisa Kamuflase!

Sebagian mahasiswa yang baru lulus kuliah merintis usaha kecil-kecilan agar tidak mendapat cap sebagai pengangguran, lagipula penghasilan dari jualan juga lumayan untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Kalau kamu sudah memiliki persiapan berupa tabungan sebelum lulus, tabungan tersebut bisa kamu gunakan untuk modal usaha.

3. Melamar Pekerjaan atau Kursus

Jangan lupa bahwa melamar pekerjaan juga butuh biaya, biaya yang dimaksud disini bukan biaya suap melainkan biaya persiapannya. Seperti SKCK, fotocopy data diri, pakaian, sepatu, dan lain-lain.

Kalau sudah lulus perguruan tinggi, apa tidak malu meminta pada orang tua? Memang tidak salah, tapi lebih baik jika kamu gunakan uang hasil menabung sendiri, kan?

Baca Juga  Kedekatan Lisa dan V Jadi Perbincangan Netizen Korea

4. Biaya Skripsi

Proses pembuatan skripsi di semester akhir ternyata membutuhkan biaya yang tidak sedikit, lho. Mulai dari biaya untuk penelitian, cetak dokumen, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Belum lagi jika kamu butuh refreshing, baik berupa makanan atau trip pasti juga butuh biaya kan?***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.