Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Menghilangkannya, Yuk Lakukan!

Ilustrasi ketiak. (Freepik/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net–  Ketiak hitam bisa membuat rasa percaya diri menurun. Ketiak hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Nah, cara mengatasinya pun berbeda-beda. Dikutip Aladokter.com, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan ketiak menjadi hitam, di antaranya:

Iritasi kulit ketiak

Sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur atau mencabut bulu ketiak menjadi salah satu penyebab ketiak hitam. Hal tersebut dapat membuat kulit mudah mengalami iritasi dan memicu produksi melanosit, yaitu sel penghasil pigmen atau warna alami kulit (melanin), secara berlebihan.

Infeksi bakteri

Kulit ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini biasanya tumbuh subur jika sesoerang banyak berkeringat, tinggal di lingkungan yang lembap, kurang menjaga kebersihan tubuh, atau menderita masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes dan obesitas.

Baca Juga  Bikin Yuk, Ini Dia Resep Jamur Crispy Renyah Bikin Nagih

Kehamilan

Sebagian ibu hamil mengalami perubahan atau gangguan kulit, dan salah satunya kulit ketiak hitam. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin. Warna kulit yang menghitam biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

Acanthosis nigricans

Kulit ketiak hitam juga bisa disebabkan oleh penyakit yang disebut acanthosis nigricans. Orang yang memiliki kondisi ini akan mengalami penebalan kulit dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Munculnya tidak hanya di ketiak, melainkan juga bisa di leher, wajah, tubuh, perut, lengan, dan sekitar pangkal paha. Acanthosis nigricans bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelebihan berat badan atau obesitas, diabetes tipe 2, gangguan hormon,  serta efek samping obat-obatan yang dapat memengaruhi hormon.

Baca Juga  Jarang Diketahui, Ini 7 Ekspresi Wajah yang Menimbulkan Keriput Lebih Cepat

 

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Sebelum menghilangkan ketiak hitam, maka sebaiknya mengetahui lebih dulu penyebabnya. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, maka penggunaan obat antibiotik dapat menjadi solusinya. Selain dengan pengobatan, untuk membantu menghilangkan ketiak hitam, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini:

Menjaga kulit ketiak agar tidak iritasi

Jika sering mencukur bulu ketiak, coba mandi air hangat terlebih dulu dan gunakan krim atau gel cukur saat hendak mencukur agar kulit ketiak tidak mudah mengalami iritasi. Selain itu, jika kulit ketiak sering mengalami iritasi setelah menggunakan deodoran (antiperspirant), coba ganti deodoran dengan jenis deodoran tanpa pewangi atau hentikan penggunaan deodoran untuk sementara waktu.

Baca Juga  Ingin Ginjal Sehat, Ini 5 Makanan yang Bagus untuk Kesehatannya

Menggunakan bahan alami

Beberapa bahan alami dipercaya dapat mengatasi kulit ketiak yang menghitam. Anda dapat menggunakan masker alami dari mentimun, lemon, kunyit, minyak kelapa, atau kulit jeruk. Cara membuat masker ketiak dari berbagai bahan tersebut cukup mudah. Pertama, iris dan lunakkan atau haluskan menjadi jus bahan alami pembersih ketiak hitam yang ingin digunakan. Tempelkan masker ke ketiak, tunggu beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

Mengenakan pakaian yang menyerap keringat

Keringat berlebihan dapat menyebabkan kulit ketiak rentan mengalami iritasi. Suhu panas dan kelembapan di kulit ketiak ditambah kurangnya menjaga kebersihan tubuh juga dapat memudahkan kuman untuk tumbuh subur di ketiak. Hal ini dapat mengakibatan ketiak menjadi hitam.***

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *