Penyebab Selangkangan Gatal Tak Kunjung Sembuh

Ilustrasi gatal selangkangan. (Shutterstock/Suara.com/Selebgram.net)

Selebgram.net– Selangkangan gatal umumnya bisa disebabkan karena infeksi jamur atau dermatitis dan membuat tidak nyaman. Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Infeksi jamur dan dermatitis, disebabkan dua hal yang berbeda. Infeksi jamur disebabkan selangkangan yang terlalu lembab, sedangkan dermatitis disebabkan karena alergi terhadap bahan skincare atau komponen tertentu.

Namun yang menjadi pertanyaan, jika gatal selakangan tidak kunjung sembuh padahal sudah diobati, kenapa ya?

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Primaya Hospital Bekasi Utara, dr. Rachel Marsella R, SpDV, banyak orang kerap tidak bisa membedakan antara gatal selangkangan karena jamur atau dermatitis.

Kata dia, ini karena gejala kerap serupa, yakni timbul ruam atau beruntus merah bersisik disertai rasa gatal. Padahal karena penyebab kedua kondisi ini berbeda, maka pengobatan yang keliru bisa menyebabkan gatal selangkangan tak kunjung sembuh.

Baca Juga  Sering Cepat Lelah, Awas Terserang 5 Penyakit Ini! 

“Jika pengobatan tidak tepat, keluhan bisa meluas dan bertambah berat. Luka lecet akibat garukan biasanya dapat menjadi faktor pemicu terjadinya infeksi bakteri,” ujar dr. Rachel menurut keterangan yang dilansir Suara.com.

Jika hal ini terjadi, kata dia pasien harus curiga jika sudah satu bulan lamanya mendapatkan pengobatan dan tidak ada perbaikan, maka segeralah lakukan pemeriksaan kembali.

“Sebaiknya segera kontrol ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat, untuk memastikan apakah penyakitnya benar infeksi jamur dan apakah pengobatan yang dipakai selama ini sudah tepat,” tutup dr. Rachel.***

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *