Pilih Mana? Ini 7 Menu Sarapan Paling Populer di Indonesia

menu sarapan
Bubur Ayam Salah Satu Menu Sarapan Populer di Indonesia. (sedapku/Selebgram.net)

Selebgram.net –  Asupan makanan yang baik, akan membuatmu lebih berenergi dalam menjalani hari. Nah, di Indonesia, ada beragam menu sarapan yang seringkali dihidangkan di pagi hari.

Selain dapat memberikan energi yang tinggi, sarapan pagi juga dipercaya membantu proses metabolisme tubuh. Termasuk menjaga mood agar tetap baik sepanjang hari.

Di Indonesia sendiri, terdapat beragam menu sarapan yang banyak digemari serta kerap dijumpai dengan mudah.

Melansir dari berbagai sumber, berikut tujuh rekomendasi menu sarapan khas Indonesia yang sering dijumpai:

1. Bubur Ayam

Bubur ayam memiliki tekstur yang lembut sehingga menu ini kerap dijadikan sebagai menu sarapan pagi, Sahabat Langit7 bisa menambahkan sate usus, telur, dan lainnya pada bubur. Di Indonesia ada berbagai varian bubur, mulai dari bubur Manado, bubur Cianjur, bubur Cirebon dan lainnya.

Baca Juga  Cara Ampuh Melawan Stres Menurut Psikologi, Ubah Mindset

2. Nasi Uduk

Nasi uduk menjadi makanan khas Betawi yang bisa dengan mudah ditemui. Hampir di setiap wilayah di Jakarta menjual menu sarapan nasi uduk.

Nasi uduk akan diberi bumbu dan juga tambahan lauk, seperti potongan telur dadar dan kering tempe. Rasa khasnya membuat makanan ini nikmat disantap di pagi hari sebagai menu sarapanmu.

3. Lontong Sayur

Lontong sayur umumnya disajikan dengan telur, tahu semur, kerupuk, tahu, tempe, dan sayur labu. Lontong sayur cocok menjadi menu sarapan pagi karena rasanya gurih dan mengenyangkan. Menu ini banyak variannya tergantung daerahnya.

4. Nasi Pecel

Nasi pecel cocok dijadikan sebagai sarapan pagi hari, makanan ini terdiri dari sayuran, tauge, kacang panjang yang dilengkapi dengan siraman saus kacang. Sahabat Langit7 juga bisa menambahkan menu lainnya, seperti tempe, telur, hingga suwiran ayam.

Baca Juga  Main Drama Lee Doo Na, Suzy dan Yang Se Jong Jadi Roommate

5. Bubur Sumsum

Bubur sumsum sering disebut dengan nama bubur lemu, bubur saring atau bubur tepung beras. Makanan khas ini memiliki tekstur yang begitu lembut, dengan rasa perpaduan antara manis dan asin.

6. Nasi Goreng

Nasi goreng menjadi menu sarapan yang mudah untuk dibuat. Makanan ini berbahan dasar nasi yang biasanya dicampur dengan telur, bumbu, serta beberapa rempah pilihan.

7. Nasi Kuning

Sarapan berbahan dasar nasi lainnya yang tak kalah populer adalah nasi kuning. Makanan ini dibuat dengan campuran rempah-rempah khas Indonesia. Kunyit menjadi rempah paling penting yang memberi warna kuning pada nasi.

Dengan sajian lauk pauk seperti telur dadar yang diiris, orek tempe, tahu, atau ayam goreng, nasi kuning sangat cocok menjadi menu sarapanmu. Bahkan, nasi kuning juga kerap menjadi pilihan banyak orang untuk dihidangkan saat menggelar acara special seperti syukuran.(*)

Baca Juga  Park Bo Gum Resmi Tinggalkan Agensi Blossom Entertainment

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *